DPRD Kota Tomohon Gelar Paripurna Perubahan Perda No 1 Tahun 2016 Tentang RPJMD

Tomohon – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tomohon (DPRD) menggelar Paripurna Pengajuan Ranperda tentang perubahan atas Perda No. 1 Tahun 2016 tentang RPJMD Kota Tomohon Tahun 2016-2021.

Rapat Paripurna ini dilaksanakan di Aula Kantor DPRD Kota Tomohon dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Ir Miky Wenur didampingi Wakil Ketua DPRD Caroll Senduk SH dan Youddy Moningka SIP, Kamis (24/8)

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan bahwa dengan ditetapkannya UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah serta Peraturan Daerah No. 6 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Kota Tomohon, hal ini menyebabkan adanya beberapa perubahan dalam hal kewenangan, dimana beberapa kewenangan Pemerintah Kota Tomohon telah ditarik untuk menjadi kewenangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Terkait dengan penyesuaian kewenangan yang dialihkan ke provinsi maupun pusat secara otomatis akan berdampak pada kebijakan umum serta target kinerja yang telah ditetapkan, selanjutnya untuk mengakomodir program-program baru yang harus dimasukkan prioritas dalam rangka mewujudkan visi dan misi walikota dan wakil walikota periode 2016-2021, “ungkap Eman.

Eman menambahkan bahwa pemerintahn daerah akan menyesuaikan perubahan tersebut pada dokumen-dokumen perencanaan termasuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon 2016-2021.

IMG-20170824-WA0006
Walikota Tomohon Jimmy Eman saat membawakan sambutan dalam Rapat Paripurna Perubahan Perda No 1 Tahun 2016 Tentang RPJMD

“Kami optimis, bahwa RPJMD Kota Tomohon 2016-2021 ini akan semakin menjawab kebutuhan masyarakat Kota Tomohon dan memperkuat pencapaian visi dan misi Pemerintah Kota Tomohon yang kemudian akan mendukung pencapaian prioritas pembangunan di Sulawesi Utara dan tentunya akan berkontribusi nyata pada tingkat nasional, sehingga RPJMD perubahan ini menjadi pedoman dalam penyusunan perubahan Rencana Strategis (Renstra) dari setiap perangkat daerah dan dijabarkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), yang kemudian menjadi pedoman penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) pada setiap tahunnya, “urai Eman.

Eman pun berharap kiranya sinergitas positif yang telah terbangun selama ini antara Pemerintah Kota Tomohon dengan DPRD Kota Tomohon yang menjalankan fungsi legislasi, budgeting dan controling serta forum komunikasi pimpinan daerah Kota Tomohon akan semakin dimantapkan, diselaraskan dan ditumbuhkembangkan untuk bersama-sama kita mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Kota Tomohon.

Rapat paripuna DPRD ini diakhiri dengan penyerahan dokumen laporan oleh Walikota Tomohon kepada Ketua DPRD Kota Tomohon. (red*stenly)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s