Dipimpin Walikota Eman, Tarian Kabasaran Pukau Presiden Jokowi di Pesona Parahyangan Bandung

Tomohon – Tarian budaya Kabasaran Kota Tomohon yang dipimpin Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam kegiatan Nasional Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang digelar Sabtu (26/8/17) di Kota Bandung, mendapat pujian langsung dari Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo.
Didampingi Iriana sebagai ibu negara, Presiden Jokowi nampak terkagum-kagum menyaksikan dengan penampilan tarian Kabasaran di depan panggung utama karena dipimpin langsung oleh Walikota Tomohon.

Kesempatan itu secara spontan Jokowi pun langsung turun dari panggung menyapa para penari kabasaran dan menyempatkan untuk foto bersama.
“Tomohon benar-benar hebat, semangat pak Walikota Tomohon, semangat…”, ucap Jokowi sambil menyapa Walikota Tomohon bersama rombongan. “Terimakasih ya sudah berpartisipasi sekaligus meramaikan karnaval ini”, kata Jokowi sambil berharap Pemerintah Kota Tomohon dapat terus mengembangkan potensi wisata, seni dan budaya dalam keberagaman yang ada sehingga Kota Tomohon akan lebih maju dan sukses dalam segala hal.

Karnaval kali ini turut disaksikan jajaran Kementerian, serta para pejabat daerah lainnya di Indonesia.

IMG-20170829-WA0026
Tarian Kabasaran yang dipimpin oleh Walikota Tomohon Jimmy Eman saat ikuti Pesona Parahyangan Bandung

Disamping itu, dengan menampilkan float kendaraan hias bunga sebagai bagian dari program Pemkot dalam setiap gelaran TIFF (Tomohon Internasional Flower Festifal), Tomohon tampil spektakuler dan memukau, serta mencuri perhatian penonton.
Dengan teriakan, pujian para penonton yang menyaksikannya, seakan-akan kabasaran dan fload kendaraan hias Kota Tomohon menjadi primadona dalam hajatan tersebut, dan yang membuat penonton kagum, ketika mengetahui pimpinan tarian Kabasaran adalah Walikota Tomohon. “Wow..! luar biasa, tariannya dipimpin langsung oleh Walikotanya, sangat jarang seorang pemimpin turun langsung dalam kegiatan seperti ini, salut buat Walikota Tomohon”, ujar beberapa penonton sambil tersenyum.

Iringan Karnaval yang menempuh jarak hampir 4 Km, selain Kota Tomohon yang merupakan salah satu Karnaval terbaik di Indonesia, kegiatan ini juga diikuti oleh karnaval-karnaval terbaik lainnya di Indonesia seperti Jember Fashion Carnaval,
Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

Sementara itu Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak usai kegiatan menjelaskan keikutsertaan Tomohon dalam kegiatan ini disamping kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk memeriahkan kegiatan karaval, hal ini juga salah satu upaya sebagai Pemerintah untuk lebih memperkenalkan, mensosialisasikan TIFF di Indonesia bahkan secara Internasional sehingga Tomohon akan lebih maju dan sukses, karena suksesnya program Pemkot Tomohon merupakan kesuksesan seluruh masyarakat Kota Tomohon dan Inilah komitmen Pemerintah Kota Tomohon untuk membawa kota Tomohon menuju daerah destinasi wisata dunia.

“Apresiasi kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata didalamnya panitia Nasional yang telah memberi kepercayaan bagi kami sebagai Pemerintah Kota Tomohon untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Nasional ini” kata Eman.

Eman berharap kegiatan Nasional yang menghebohkan ini nantinya digelar di Kota Tomohon. “karena hal ini juga merupakan komitmen Presiden Jokowi yang menginginkan kegiatan ini tidak hanya berpusat saja di satu daerah, tetapi dapat dilaksanakan diberbagai daerah di Indonesia atau berpindah-pindah”, ujar Eman.

Untuk diketahui upaya pemerintah Kota Tomohon dalam mengembangkan potensi wisata lewat Iven Tomohon Internasional Flower Festifal (TIFF) didalamnya Tournament Of Flower (TOF) atau parade kendaraan hias bunga yang meyerupai Tournament Of Roses Pasadena Amerika Serikat, terus mendapat pengakuan dari Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata RI, terbukti dipilihnya Kota Tomohon sebagai salah satu daerah di Indonesia bahkan satu-satunya di Sulawesi Utara untuk ambil bagian dalam kegiatan Nasional Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan.

Sebagai iven Internasional yang tahun ini telah ke 7 kalinya digelar oleh Pemerintah Kota Tomohon, membuat mata dunia tertuju di Kota Tomohon yang disapa sebagai kota sejuk, kota religius, kota bunga, kota pendidikan. Ditunjang dengan banyaknya tempat wisata yang sangat menarik, tak heran Kota Tomohon menjadi incaran para wisatawan domestik dan mancanegara, sehingga menjadi salah satu daerah kunjungan wisatawan terbanyak di Sulawesi Utara. (Red/stenly)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s