Tondano – Panitia Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara IX Tahun 2017 di Kabupaten Minahasa, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa, Rabu, (27/9/2017).

Rapat dipimpin Ketua Harian Panitia yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Siby Sengke, S.Sos, MAP, dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Drs. Arody Tangkere, MAP, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Drs. Moudy L. Pangerapan, MAP, Wakil Ketua Panwasrah Estefanus Palilih, anggota Panwasrah dan pihak-pihak yang terkait lainnya.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Siby Sengke, S.Sos, MAP, rapat ini sangat penting, karena membicarakan tentang teknis pertandingan, agar hanya menggunakan sedikit gedung, pertandingan harus dijadwalkan dengan baik, karena ada kemungkinan satu gedung akan digelar dua pertandingan cabang olahraga.

IMG-20170928-WA0008

“Panitia berupaya untuk melaksanakan kegiatan ini, masih ada gedung yang akan dipasangi lampu, namun diusahakan tiga hari sebelum Porprov sudah selesai,” ujar Sengke.

Sengke meminta semua cabangan olahraga harus ada saling pengertian dan kerjasama yang baik agar kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses.

“Pembukaan dilaksanakan tanggal 9 oktober 2017 jam 2 siang, di Stadion Maesa Tondano. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 9 oktober-16 oktober,” tukas Siby.

Selanjutnya, Wakil Ketua Panwasrah Estefanus Palilih, dalam arahannya meminta dalam menunjuk TD (Technical Delegate), harus orang yang mengerti benar tentang bidang atau cabang masing-masing. Sasaran acara ini untuk mencari bibit-bibit atau anak-anak kita yang memiliki potensi di cabang-cabang olahraga yang diperlombakan.

“Apa yang ada di Minahasa harus dipergunakan. Karena Persiapannya sangat singkat, sehingga kita semua harus bekerjasama dengan baik,” papar Palilih, sambil menambahkan jika jumlah peserta cabang olahraga kurang dari lima Kabupaten, maka cabang olahraga tersebut tidak perlu dipertandingkan.

Kemudian, Yan Lengkong yang adalah anggota Panwasrah, menyampaikan perwakilan dari fakultas olahraga Unima agar memilih cabang olahraga mana dan bergabung dengan cabang olahraga itu, dan saling berkoordinasi mengenai bagaimana pertandingan dan jadwal pertandingannya.

“Saat acara pembukaan, jangan ada pertandingan di lapangan Maesa Tondano,”tegasnya.

Lengkong juga mengingatkan kepada masing-masing TD apabila ada wasit pendamping, tidak akan dibiayai oleh pemerintah provinsi maupun panitia pelaksana dalam hal ini Kabupaten Minahasa, akan ada SK dari provinsi untuk wasit dan juri.

Terakhir Kepala Dinas Pendidikan Drs. Arody Tangkere, MAP, mengatakan, karena waktu semakin singkat, panitia berharap akan segera mendapatkan jadwal pertandingan dari 21 cabang olahraga yang akan dilombakan, karena akan disediakan petugas-petugas dalam setiap pertandingan yang berjumlah 400 petugas pertandingan.

Berikut ini 21 cabang olahraga yang akan diperlombakan dalam Porprov Sulawesi Utara IX Tahun 2017 di Kabupaten Minahasa, Anggar, atletik, biliard, bola basket, bola voli, bridge, bulutangkis, catur, karate, kempo, menembak, panjat tebing, pencak silat, sepak bola, futsal, selam, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, tinju dan wushu. (Red/tian)