Tondano –  Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) akan menghelat Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Antarklub Bola Voli PGN Livoli 2017 Divisi Satu di Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, 23-29 Oktober 2017. Pertandingan bakal dimainkan di GOR Wale Ne Tou Tondano Kabupaten Minahasa Sulawesi Sulawesi Utara.

Sejauh ini sudah ada 18 tim putra dan 12 tim putri dari 14 provinsi yang mendaftar untuk meramaikan ajang tahunan ini. Jumlah peserta kejurnas antarklub pada tahun ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah Livoli.

“Jumlah peserta bahkan kemungkinan masih bisa bertambah karena registrasi baru akan ditutup pada 20 Oktober 2017,” kata Ketua V Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI, Hanny S. Surkatty, yang dikutip dari Bola.com.

Setiap provinsi diperkenankan mengirim dua tim putra dan dua tim putri hasil dari kejuaraan di daerah masing-masing. Sementara itu, tuan rumah berhak menurunkan tiga wakil.

Ada empat tim yang tahun lalu terdegradasi dari Divisi Utama ke Divisi Satu, yaitu Pasundan Bandung dan TNI AL di bagian putra serta LNG Bontang dan Mitra Kencana Semarang di sektor putri. Dari keempat tim tersebut, hanya Mitra Kencana yang tak tampil di Minahasa. Nantinya dua tim teratas berhak merebut tiket promosi ke Divisi Utama.

“Persaingan di Kejurnas ini akan sangat ketat. Semua tim pasti ingin promosi,” ujar Hanny.

Sementara itu Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow mengaku bangga Minahasa bisa menjadi tuan rumah PGN Livoli 2017 Divisi Satu. Apalagi inilah untuk pertama kalinya Kejurnas Livoli digelar di luar Pulau Jawa. “Ajang ini akan semakin memasyarakatkan olahraga bola voli di Sulawesi Utara, khususnya di Kabupaten Minahasa,” ujarnya.

Ketua Harian Pelaksana Siby Sengke mengatakan dalam teknikal meeting yang digelar panitia lokal, telah ada puluhan klub yang mendaftar baik club Putra maupun putri.

” Sudah ada 23 Club putra dan 13 club putri yang resmi mendaftar dan mereka sudah ada di Minahasa. Telah disusun jadwalnya. Dalam pertandingan Perdana putra Asabri vs Amanah dan putri Popsi Kabupaten Bogor vs Minahasa Club

Sementara tuan rumah club voli Putri JWS Minahasa akan menjamu club voli Kie Raha Malut,” Terang kadis yang kesehariannya adalah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa.

Daftar Sementara Tim Peserta PGN Livoli 2017 Divisi Satu:

Putra

1. Asabri (DKI)

2. Barata Muda (DKI)

3. TNI AL (DKI)

4. DPU Grobogan (Jateng)

5. Provit Kudus (Jateng)

6. Pasundan (Jabar)

7. Singapore (Aceh)

8. Daya Dua Sarana (Kalsel)

9. Jasena (Papua)

10. Amanah (Jatim)

11. Putra Semeru (Jatim)

12. Ganevo (DIY)

13. Babar Etow (NTB)

14. Bank Nagari UMP (Sumbar)

15. Borneo Balikpapan (Kaltim)

16. JWS (Sulut)

17. Bank Sulut (Sulut)

18. PLN (Sulut)

Putri

1. Barata Muda (DKI)

2. Vobgard (DKI)

3. Bravo Banjarnegara (Jateng)

4. Indonesia Muda (Jateng)

5. Pengairan Bondowoso (Jatim)

6. Bintang Kabupaten Blitar (Jatim)

7. Mars (Papua)

8. LNG Bontang (Kaltim)

9. Veni Vidi Vici (Kaltim)

10. JWS (Sulut)

11. Minahasa Klub (Sulut)

12. PLN (Sulut)

13. Kie Raha (Malut)

(Red*01)