Tomohon – Kota Tomohon merupakan salah satu penunjang AFTA (Asean Free Trade Area) yaitu lewat penjualan komiditi holtikulura yang di eksport sampai Filipina untuk itu para pelaku UKM dapat mengambil kesempatan ini untuk memasarkan hasil sampai di daerah ASEAN”,

Hal ini disampaikan Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak saat menghadiri Memfasilitasi Peningkatan Kemitraan Bagi Usaha Kecil dan Menengah di Kota Tomohon bertempat di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kamis(10/26/17).

Lanjut Walikota, Areal Menara Alfa Omega yang sementara perampungan juga disiapkan kawasan khusus untuk kawasan kuliner, masyarakat Tomohon dapat menjajahkan berbagai varian makanan. Selanjutnya Proyek Farm House sementara juga digarap, kedepannya UKM tersebar di Toko untuk mengambil peluang ini.

Tantangan saat ini kepada UKM untuk membuat souvenir khas yang ada sebab ini merupakan salah satu dorongan untuk Tomohon menuju Kota Pariwisata Dunia, nantinya pemerintah akan menyediakan tempat untuk memasarkan hasil karya.

Sebanyak 14.000 UKM di Kota Tomohon yang sedang dibina oleh Pemerintah, kemitraan ini diharapkan terus dibangun untuk menunjang perekonomian.

“Pemerintah Kota Tomohon memberi dukungan dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, dengan adanya peningkatan unit usaha kecil dan menengah akan mempengaruhi jumlah omzet penjualan dan penyerapan tenaga kerja.

Dengan demikian sektor UKM akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan pembangunan nasional dan Kota Tomohon khususnya. Untuk itu saya harapkan bagi seluruh peserta, untuk memanfaatkan kegiatan ini sehingga nantinya dapat berguna bagi pengembangan UKM”, Tutup Eman.

Sebelumnya Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tomohon Jane Mendur SE saat membacakan laporan kegiatan mengatakan, meningkatkan daya saing, kualitas produk dan pemasaran; meningkatkan ketrampilan UKM dalam pengelolaan di bidang manajemen dan agar pelaku UKM memiliki kemampuan dalam mengembangkan usahanya.

Tampak hadir Alexander Naping selaku Kepala Cabang BNI Tomohon, Asisten Umum Novi Politon SE, Kepala Dinas Perkim Ir Enos Pontororing MSi, Kepala Bidang SDM Dinas Koperasi dan UKM propinsi Sulawesi Utara Ir Victory Palar MSi, dan pelaku UKM. (Red/stenly)