Pusatkan di Benteng Moraya, Besok Festival Danau Tondano dibuka

Tondano – Ribuan peserta dari berbagai elemen masyarakat bakal memadati Benteng Moraya Tondano untuk menyaksikan Pembukaan Festival Danau Tondano (FESDATON) pada Jumat, 27 Oktober 2017 besok pukul 08.00 pagi.

Ajang Fesdaton dalam rangka menyambut Hari Jadi Minahasa ke-589 dan mensukseskan Pesona Minahasa 2017 ini, akan diawali dengan Fun Walk atau Jalan Sehat pada pukul 06.00 pagi dengan lokasi Start Taman God Bless Minahasa Lapangan Sam Ratulangi Tondano, dengan rute mengelilingi kota Tondano dan Finish di Benteng Moraya Tondano.

Asisten I Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi selaku Ketua Panitia Hari Jadi Minahasa ke-589 mengatakan bahwa mengawali semua kegiatan dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke-589 tahun 2017 ini digelar dalam bentuk Jalan Sehat yang akan diikuti oleh Bupati Minahasa, Wakil Bupati, Forkopimda, PKK, DWP, jajaran Pemkab, instansi vertikal, BUMN, BUMD, Sekolah dan semua elemen masyarakat.

Dikatakan Mangala, setelah semua peserta masuk lokasi Finish di Benteng Moraya kegiatan dilanjutkan dengan Pembukaan Festival Danau Tondano 2017 dengan kegiatan Lomba Memasak Ikan Mujair Woku Belanga untuk meraih Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Sementara lomba masak Mujair Woku Belanga berlangsung, kegiatan diisi dengan Senam Zumba, Maumere dan Caka-caka serta pentas hiburan rakyat yang menampilkan artis komedi nasional Mongol Stres, Isty Julistry dan Gio Idol” urai Mangala.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi mengatakan bahwa dalam menggelar Festival Danau Tondano ini pihaknya mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata RI dan Kakigatal Production pimpinan Ronny Imanuel atau yang lebih populer dengan nama Mongol Stres.

Ditambahkan Tumundo dalam Lomba Memasak Mujair Woku Belanga ini dibagi 3 (tiga) kategori yaitu Lomba Memasak Mujair Woku Belanga antar Desa dan Kelurahan, Lomba Memasak Mujair Goreng antar SKPD, instansi vertikal, BUMN, BUMD dan Kecamatan dan Lomba Memasak Ikan Nike Olahan antar Guru-guru SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Minahasa.

“Semua lomba ini akan memperebutkan Trophy Bupati Minahasa dan hadiah-hadiah lainnya” kata Tumundo.

Diharapkan Tumundo agar semua pihak turut mendoakan dan mensukseskan pelaksanaan kegiatan yang bakal meriah ini. (Red/christian)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s