Tomohon – Ribuan Umat Katolik dari 7 Paroki se- Kevikepan Tomohon melaksanakan ibadah misa bersama sekaligus misa perdana Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, M.Sc di kota Tomohon yang dilaksanakan di lapangan Kantor Pelayanan Publik Wale Kabasaran Tomohon, minggu 5/11/2017.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak didampingi Wakil Walikota Syerly A. Sompotan dan Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Miky J L Wenur . Walikota mengucapkan selamat kepada Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, M.Sc yang telah menjadi Uskup baru di keuskupan manado.
“Menjadi sebuah kebahagiaan, karena semua ini boleh terjadi hanya oleh dengan tuntunan dan kemurahan Tuhan semata. Selain itu, kebanggaan ini juga turut dirasakan oleh kami pemerintah Kota Tomohon atas anugerah tahbisan tersebut.” ungkap Walikota.

“Kami juga turut berbahagia karena mendapat kesempatan untuk ikut bersama-sama dalam pesta sukacita iman ini, dimana pemerintah Kota Tomohon dapat menjadi tuan rumah pelaksanaan misa perdana uskup keuskupan manado di kota tomohon.” Tambahnya.

Walikota menambahkan, misa perdana merupakan perayaan ekaristi yang dipersembahkan oleh imam ataupun uskup yang baru saja ditahbiskan.

Hal ini seperti sudah menjadi suatu adat bagi para tahbisan baru untuk mempersembahkan misa perdananya. Demikian pula dengan perayaan ekaristi yang kita laksanakan hari ini yang dipersembahkan oleh uskup keuskupan manado yang baru Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, M.Sc bagi kita umat katolik di kevikepan tomohon ini.

Pada kesempatan itu juga Walikota mengingatkan kembali bagi kita semua warga masyarakat kota tomohon, untuk senantiasa bersama-sama bahu-membahu, topang-menopang dan saling mendukung terhadap setiap rencana yang telah kami programkan yang semata-mata bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengangkat derajat kota tomohon.

“Tanpa kerjasama dan kerja keras dari seluruh komponen dan lapisan masyarakat, kami yakin akan sia-sialah rencana tersebut. Oleh karena itu, sambil memanjatkan doa akan tuntunan kuasa Tuhan yang Maha Esa, kita semua berharap bahwa Ia akan selalu membukakan jalan bagi kita dalam menggapai tujuan-tujuan mambangun kota tomohon tercinta ini.
“Selamat datang dan selamat melayani kami ucapkan kepada Uskup yang baru Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, M.Sc.”tutup Walikota.

Ungkapan selamat juga di sampaikan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE yang juga hadir dalam ibadah tersebut yang didampingi oleh istri Ny. Rita Dondokambey -Tamuntuan. “Atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Sulawesi Utara saya mengucapkan terima kasih dan poenghargaan yang tinggi kepada Uskup Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, M.Sc dan seluruh umat katolik se-kevikepan Tomohon serta Walikota dan Wakil Walikota dan segenap jajaran Pemkot Tomohon yang senantiasa terus berkarya dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan keimanan umat, dan pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatn.” Ungkap Gubernur.

Gubernur berharap kedepan para umat Katolik se-Kevikepan Tomohon dapat terus diberkati dan menjadi berkat bagi sesama.“Terima Kasih sekali lagi kepada Walikota dan Wakil Walikota Tomohon serta jajarannya yang telah turut menciptakan suasana aman dan damai yang telah memungkinkan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan di berbagai bidang.

Saya selalu berharap, kekompakan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan didalam pemerintahan, bergereja, maupun bermasyarakat akan tetap mewarnai kehidupan kita sekalian, demi terwujudnya Sulut berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkepribadian dalam budaya.” ungkap Dôdokambey

Uskup Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, M.Sc dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya dan terima kasih kepada pemerintah Prov. Sulut dalam hal ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE berserta Ibu yang berkesempatan hadir, terlebih khusus kepada Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak dan Wakil Walikota Syerly A. Sompotan yang telah banyak memberikan sumbangsih hingga ibadah ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses.
“ Saya tidak menduga, seluruh umat katolik se-kevikepan Tomohon sebagian besar dapat hadir dalam ibadah bersama ini, yang kurang lebih 8000 umat.” ungkap Uskup.

“Semoga kebersamaan dan kerukunan yang terjalin antara umat katolik dan masyarakat di Tomohon,terlebih juga dengan pemerintah kota Tomohon dapat selalu terjalin baik, agar tercipta suasana yang kondusif serta bersama-sama bekerjasama untuk membangun Kota Tomohon sesuai dengan program Emas yang telah di canangkan oleh Walikota dan Wakil Walikota Tomohon.” Ungkap Uskup.

Turut hadir dalam ibadah Misa ini Vikaris Episkopalis Tomohon Pastor Johanis Pinontoan, Pr, para pastor se-kevikepan Tomohon, Wakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut, SE, mewakili Kapolda Sulut Kepala SPN Karombasan Kombes Pol. Dra. Henny J.A Posumah, MM, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi, SIK, mewakili Dandim 1302 Minahasa Perwira Pemnghubung mayor Inf. Feky Welang, Karo Pembangunan Prov Sulut juga sebagai Ketua KBK Keuskupan Manado Drs. Edwin Kindangen, M.Si para anggota DPRD Kota Tomohon, Ketua Panitia Misa Perdana Drs. Gerardus E. Mogi serta seluruh umat katolik se-kevikepan Tomohon. (Red/stenly)