Pemkot Tomohon Terima dana hibah peningkatan akses penyediaan air minum 2 Miliar dari Kementerian Keuangan

Tomohon – Pemerintah dan masyarakat Kota Tomomohon patut bersyukur dan berbangga, pasalnya Pemkot Tomohon memperoleh dana hibah sebagai dana pengganti atas pelaksanaan kegiatan peningkatan akses penyediaan air minum bagi masyarakat Kota Tomohon.

Dana ini diperoleh melalui konsultasi di kementerian keuangan RI oleh Walikota Tomohon Jimmy F Eman bersama Dirut PDAM Kota Tomohon Marthen Gosal ST, yang saat itu juga melakukan penandatanganan Perjanjian Hibah Daerah (PHD) antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kota Tomohon untuk Hibah Air Minum Perkotaan yang bersumber dari Penerimaan Dalam Negeri APBN TA 2017, dengan nomor PHD-133/AM/MK.7/2017.

Dana Hibah ini diberikan kepada Pemkot Tomohon berdasarkan capaian kinerja atas pelaksanaan kegiatan pemasangan Sambungan Rumah (SR) baru yang dilakukan oleh PDAM.

Jumlah Dana Hibah yang diterima Pemkot Tomohon adalah sebesar 2.000.000.000 yang ditarik dari waktu ke waktu berdasarkan permintaan penyaluran Dana Hibah yang diajukan kepada kementerian keuangan.

Adanya perolehan dana hibah ini merupakan juga upaya, inovasi serta terobosan pemerintah Kota Tomohon dalam rangka untuk memenuhi akan kebutuhan akan air bersih yang intinya untuk kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon.

Walikota Eman menjelaskan peningkatan akses penyediaan air minum bagi masyarakat Kota Tomohon dari dana hibah ini, diprioritaskan bagi masyarakat yang belum memiliki akses sambungan air minum perpipaan, dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam pedoman pengelolaan.

“Apresiasi yang tinggi bagi pemerintah pusat atas perhatiannya bagi pembangunan Kota Tomohon, khususnya dalam hal peningkatan pelayanan air bersih/air minum bagi masyarakat, hal ini memang luar biasa” kata Eman.

“Semoga bantuan ini akan sangat memberi manfaat bagi masyarakat Kota Tomohon, terlebih bagi masyarakat yang belum memiliki akses sambungan air minum perpipaan”, tambahnya.

Walikota juga mengapresiasi kinerja PDAM yang semakin menunjukkan perbaikan ke arah yang lebih baik, sambil berharap juga kekurangan, keterbatasan ataupun permasalahan yang selama ini ada di PDAM, ke depan akan mampu diatasi dan diselesaikan.(red/stenly)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s