2018 Guru Honorer sebanyak 1.600 Bakal Dapat SK Bupati

Minahasa – Sebagai bentuk perhatian Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, MSi (JWS) terhadap Guru Honorer, Pemkab Minahasa mengajukan anggaran dalam APBD Minahasa 2018 khusus untuk pembayaran insentif guru honorer. Jika anggaran ini disetujui maka sekira 1.600 guru honorer di Minahasa akan mendapat Surat Keterangan (SK) Honorer Daerah yang akan ditandatangani Bupati Minahasa JWS.

Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, MSi melalui Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Kabupaten Minahasa, Arody Tangkere saat diwawancarai Selasa (21/11/2017) menjelaskan pengangkatan guru honorer sekolah menjadi honorer daerah telah beberapa tahun direncanakan. Pengajuan anggaran untuk insentif baru diusulkan saat ini karena Dikda Minahasa baru selesai mendata semua guru honorer sekolah.

“Atas perjuangan Bupati JWS pengangkatan guru honorer sekolah menjadi guru honorer daerah dilakukan berdasarkan alasan kemanusiaan. Sampai saat ini ada guru honorer yang telah bekerja belasan tahun namun belum memiliki SK Bupati, “ujarnya.

Tangkere mengatakan saat ini pihak sekolah tidak bisa berbuat banyak untuk meningkatkan gaji guru honorer. Aturan dari pemerintah pusat membatasi maksimal 15 persen dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang bisa digunakan untuk membayar upah guru honorer,” ujarnya.

Tangkere menyebut pengangkatan guru honorer sekolah menjadi guru honorer daerah setidaknya bisa meningkatkan upah. Gaji guru honorer bisa diambil dari APBD dan bisa diberikan tiap bulan. Namun Tangkere masih enggan menyebut berapa insentif yang akan diberikan pada guru honorer.

“Jika anggaran yang kami usulkan disetujui maka pengangkatan guru honorer daerah bisa dilakukan,” tuturnya. (Red*01)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s