Pemkot Tomohon akan menggelar pasar murah, pengecekan ketersediaan komoditi dan sweeping di pasar swalayan

Tomohon – Menyambut perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 Pemkot Tomohon akan menggelar pasar murah untuk sembilan bahan pokok, pengecekan ketersediaan komoditi dan sweeping di pasar swalayan terkait barang yang sudah berada pada masa expired.

Hal ini disampaikan oleh Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak yang melalui Asisten Perekonomian Ronni Lumowa SSos MSi saat menghadiri Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah(TPID) tahun 2017 bertempat di Gedung Ex DPPKBMD Kamis (7/12/17).

Walikota dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian Ronni Lumowa SSos MSi mengatakan, TPID di Kabupaten/Kota telah diberikan tugas berdasarkan Keputusan Mendagri No 500.05.8135 tahun 2017 untuk melakukan pengumpulan data dan informasi termasuk perkembangan harga barang kebutuhan pokok dan penting serta jasa pada tingkat Kabupaten/Kota.

“TPID diberi tugas menyusun kebijakan pengendalian inflasi di daerah yang arah kebijakan dimaksud harus berpedoman dan memperhatikan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah melalui tim pengendalian inflasi nasional dan pada level provinsi, “jelasnya.

TPID juga diharapkan mampu melaksanakan tugas dalam upaya memperkuat sistem logistik di daerah bersama dengan instansi dan lembaga lainnya yang sangat terkait dan senantiasa melakukan fungsi koordinasi dengan tim pengendalian inflasi nasional dan provinsi dalam melakukan langkah-langkah strategis terhadap penyelesaian hambatan dan permasalahan yang sewaktu-waktu dapat terjadi di daerah agar supaya inflasi di daerah dapat terkendali dengan baik.

“Selain itu juga TPID memiliki Pokja(Kelompok Kerja) yang dibentuk di masing-masing Kabupaten/Kota. Khusus di Kota Tomohon dalam penjabaran struktur permendagri ini, telah mengalami perubahan susunan Tim yang dilengkapi dengan Pokja ketersediaan dan distribusi pangan, Pokja informasi dan komunikasi serta Pokja kerjasama. Pada masing-masing Pokja memiliki tugas berbeda-beda, “pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Bagian Perekonomian Harni Korompis SE saat membacakan laporan kegiatan mengatakan, maksud kegiatan ini untuk mengkoordinasikan pelaksanaan TPID Kota Tomohon dan merumuskan mekanisme dan tata kerja TPID Kota Tomohon.

Tampak hadir para narasumber Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor SH, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara Ir Hanny Wajong MSi, Mewakili Bank Indonesia Bapak Zulham Effendy, Kepala BPS Kota Tomohon Hirsfeid Manullang SSi Msi, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Tomohon Sugandi Mokoagouw SH dan para peserta.(Red/stenly).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s