Wagub Kandouw Minta Pariwisata Danau Tondano Terus di Kembangkan

Manado – Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sulut terus mensupport berbagai upaya dalam pengembangan pariwisata di wilayah Sulawesi Utara.

Hal tersebut disampaikan Wagub saat membuka Forum Koordinasi Lintas Sektor Pariwisata Sulut pada Kamis 26 April 2018 di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh Danlanud Sam Ratulangi Manado Kol Nav Insan Nanjaya, Kadis Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang SE MSi ini, diikuti pula oleh para Pejabat Pemprov, para Kadis Pariwisata Kabupaten Kota dan para stakeholder Pariwisata se-Sulut.

Pemerintah Kabupaten Minahasa sendiri mengutus Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi dan Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Jimi Pinangkaan SE MSi dalam kegiatan yang digelar sehari ini.

Dalam arahannya, Wagub Steven Kandouw juga menyentil upaya Pemprov dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Minahasa.

Wagub minta agar objek pariwisata di Danau Tondano terus dipacu pengembangannya dan berbagai objek wisata penunjang di sekitar Danau Tondano, diantaranya kawasan Benteng Moraya untuk terus dibenahi antara lain dengan menyiapkan sarana toilet dan fasilitas lain yang memadai.

Kandouw juga mengharapkan Kadis Pariwisata Minahasa untuk memantau terus keberadaan Benteng Moraya ini, jangan sampai fasilitas toilet di obyek wisata budaya itu kehabisan air.

Demikian halnya dalam hal masih kurangnya sarana penginapan yang ada di sekitar Danau Tondano, Wagub mengharapkan agar dikembangkan pariwisata berbasis kerakyatan di sekitar Danau Tondano ini.

“Saatnya sekarang kita kembangkan Pariwisata yang berbasis kerakyatan, dengan mendorong masyarakat menyiapkan Home Stay bagi wisatawan yang akan datang” ungkap Wagub.

Sementara Kadis Budpar Agustivo Tumundo sangat mengapresiasi berbagai perhatian Pemprov Sulut melalui arahan Wagub Steven Kandouw tersebut.

Disamping itu, Tumundo mengapresiasi juga kepedulian Pemprov dalam upaya membersihkan eceng gondok melalui pemberian fasilitas alat canggih sejenis ‘watermaster’ serta upaya lain dalam menarik minat para investor untuk membangun berbagai fasilitas di sekitar Danau Tondano ini.

Tumundo juga mengaku pihaknya sementara menjejaki kemungkinan kawasan Danau Tondano ini akan dibuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bidang Pariwisata.

“Sesuai petunjuk Bapak Pj Bupati Minahasa agar dibuat terobosan-terobosan sehingga di tahun-tahun mendatang akan ada Sky Line yang beroperasi dengan mengelilingi Danau Tondano ini” ungkap Tumundo.

Menindaklanjuti hal itu, Tumundo dalam pertemuan dengan Deputi Menteri Pariwisata Bidang Destinasi Pariwisata minggu lalu, telah menyampaikan “mimpi” tersebut, dan mendapat tanggapan positif dari Deputi Menpar.

“Kepada Bapak Deputi Dadang Rizky Ratman saya sudah sampaikan ide tersebut, dan beliau telah meminta saya untuk memasukan Master Plan Danau Tondano untuk di bawa ke kantornya di Kementerian Pariwisata” urai Tumundo.

Diharapkan Tumundo, sekiranya terobosan ini terwujud, dan didukung dengan sinergitas yang terjalin baik oleh Pemkab Minahasa dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, pasti ini akan menjadikan Minahasa menjadi magnet wisatawan di Sulut nanti. (Red/tian)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s