Minahasa Terima Bantuan Komoditi PAJALE untuk 76.000 Hektar

Minahasa – Sebagai upaya untuk terus mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Minahasa, yang mayoritas penduduknya adalah petani, Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), memberi perhatian khusus dengan memberikan bantuan komiditi pertanian Padi, Jagung dan Kedele (Pajale), untuk ditanam di lahan seluas mencapai 76.000 Hektar.

Bantuan bibit Pajale untuk ditanam di lahan seluas 76.000 Hektar ini, terbagi atas, Padi Ladang seluas 20.000 Hektar, Padi Sawah seluas 1.000 Hektar, Jagung seluas 45.000 Hektar dan Kedele seluas 10.000 hektar.

“Pada prinsipnya Pemprov dan Pemkab Minahasa akan bersinergi dalam mendorong percepatan sektor pertanian di daerah ini. Kita akan turun ke Desa-desa untuk memberikan bantuan bagi petani, baik lahan maupun alat, sehingga percepatan pergerakan pertanian akan terwujud,” kata Kepala Distanak Sulut Ir Novly Wowiling MSi, saat menyerahkan bantuan secara simbolis untuk Kecamatan Tombariri Timur, pada acara Temu Teknis Gerakan Tanam-Panen/ Brigade Alsintan Distanak Sulut dan Dinas Pertanian Minahasa, bersama petani dan penyuluh Kabupaten Minahasa di Lolah, Jumat (27/4).

Bahkan, untuk memudahkan peningkatan produksi pertanian bagi petani di Kecamatan tersebut, pemerintah juga meminjamkan alat mesin pertanian lainnya yaitu Hand Traktor maupun Traktor roda empat, serta Hand Sprayer untuk pengolahan pupuk.

“Untuk hand traktor akan digilir dari desa satu ke desa yang lain. Minimal dapat membantu petani dalam pengolahan tanah sampai siap tanam. Tidak ada biaya sewa, petani cukup menyediakan solar untuk bahan bakar operasional alat,” jelas Kepala Dinas Pertanian Minahasa Ir Suhban Torar saat penyerahan bantuan, yang kala itu juga disaksikan Camat Tombariri Timur Herlina Rori SE, Danramil Tombariri Kap Inf Jules Warouw, Kapolsek Tombariri Iptu Andri Untu, serta Ketua BPMJ GMIM Imanuel Lolah Pdt Meynie Kolinug Adam M.Th.

Sementara, dari data yang ada di Dinas Pertanian Minahasa, jumlah petani di Tombariri Timur yang teralokasi ada sebanyak 75 Kelompok, dengan luas lahan tanam sebesar 2.080 hektar, baik Tumpang Sari Jagung dan Padi Ladang.

Usai penyerahan bantuan di Kecamatan Tombari Timur, kegiatan berlanjut dengan pencanangan Gerakan Tanam dengan pengolahan Brigade Alsintan varietas Padi Gogo atau Padi Ladang

Kegiatan yang sama kumudian dilanjutkan di Desa Pinaesaan Kecamatan Tompaso, dimana bantuan sarana produksi Pajale disalurkan kepada petani yang saat itu didampingi Sekcam Tompaso, Stenly Umboh SSTP.

Sebanyak 15 Kelompok Tani menerima bantuan Jagung, 5 Kelompok Tani menerima bibit Bawang Merah masing-masing 1 Hektar dan 1 Kelompok Tani menerima bibit Bawang Putih. Untuk alat mesin pertanian meliputi 4 unit Hand Traktor dipinjamkan secara bergilir kepada Kelompok Tani untuk membantu percepatan pertanian di Kecamatan Tompaso. (ChristianT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s