Berbekal Juara I Lomba Desa Tingkat Nasional Regional III, Desa Kanonang Dua Dijadikan Percontohan Desa di Indonesia

Minahasa – Desa Kanonang Dua Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara yang menjadi juara satu lomba desa tingkat nasional regional III ( Kalimantan-Sulawesi) Tahun 2016 ternyata menjadi daya tarik desa-desa di Indonesia untuk dijadikan percontohan. Terbukti salah satu desa di Kabupaten Badung Bali yaitu Desa Bongkasa Pertiwi Kecamatan Abiansemal, mengadakan bimbingan teknis dan orientasi lapangan di Desa Kanonang Dua

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 19 Mei 2018 hingga 22 Mei 2018 dipusatkan di Balai Desa Kanonang Dua tidak tanggung-tanggung Perbekel Desa Bongkasa Pertiwi  membawa personil berjumlah 34 orang yang terdiri dari Perbekel dan perangkat Desa, LPM  beserta pendamping dari Kabupaten Badung dan Kecamatan Abiansemal.

DSC_0778

Peserta diterima oleh Hukum Tua Desa Kanonang Dua, Welly R.I Rawis, Camat Kawangkoan Barat Eightmi Moniung, SH, Sekretaris Kecamatan Kawangkoan Barat Heppie Lumintang, SH dan Perangkat Desa Kanonang Dua.

Pelaksanaan Orientasi lapangan ini dibuat dalam bentuk silaturahmi untuk saling belajar, sharing, berbagi pengalaman dan berbagi ilmu serta membahas potensi yang ada di Desa Kanonang Dua untuk dapat diterapkan di Desa Bongkasa Pertiwi.

“Saya disini selaku Hukum Tua, bukan bersifat menggurui melainkan ajang bertukar pikiran dan bertukar wawasan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, apa yang tadi saya sampaikan itu apa adanya, kurang lebihnya saya mohon maaf,” kata Welly R.I Rawis, Kepala Desa Kanonang Dua kepada para peserta orientasi lapangan Desa Bongkasa Pertiwi.

Sementara itu, Perbekel I Made Suarjana menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Desa Kanonang Dua yang telah menyambut Tim yang ada “Saya sungguh senang bisa bersilahturami dengan pemerintah desa Kanonang Dua dan juga belajar banyak tentang bagaimana peran serta pemerintah desa, perangkat desa dan lembaga desa untuk membangun dan mensejahterakan desa khususnya Desa Bongkasa Pertiwi, kami juga mengundang pemerintah, perangkat dan lembaga di Desa Kanonang Dua jika ada kesempatan dapat berkunjung ke desa kami” ujar I Made Suarjana Pebekel Desa Bongkasa Pertiwi.

Mengakhiri pertemuan, baik pemerintah Desa Bongkasa Pertiwi dan Pemerintah Desa Kanonang Dua bertukar cenderamata. Usai kegiatan di balai Desa Kanonang Dua tim dari Desa Bongkasa Pertiwi menyempatkan diri untuk melihat langsung panorama indah Kawasan Wisata Bukit Kasih Kanonang. (Red/christian)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s