Pemkab Minahasa Raih Opini WTP Untuk Keempat Kalinya Dari BPK-RI

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang keempat kalinya sejak 2015 silam, setelah Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2017, usai diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan Repoblik Indonesia (BPK-RI) dan diserahkan pada Senin (04/06) pagi, di Kantor BPK-RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut), Jl 17 Agustus Manado.

LHP atas LKPD 2017 ini, diserahkan langsung oleh Kepala BPK-RI Perwakilan Sulut, Tangga Muliaman Purba, kepada Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa James Rawung SH, serta disaksikan langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan para Kepala Daerah di 14 Kabupaten/ Kota di Sulut.

IMG-20180604-WA0012

Kepala BPK-RI Perwakilan Sulut, Tangga Muliaman Purba mengingatkan bahwa, opini WTP yang diterima oleh para Kepala Daerah harus dijadikan motivasi dalam mewujudkan administrasi keuangan yang lebih baik.

“Saya berharap, sebagai Kepala Daerah jangan mudah puas dengan hasil yang baru diterima ini. Pengelolaan keuangan haruslah tetap dimaksimalkan dengan baik, dengan tetap mengacu pada prinsip-prinsip dan asas pengelolaan keuangan daerah,” kata Purba.

Gubernur OD, saat menyampaikan sambutannya mengapresiasi seluruh daerah yang berhasil meraih opini WTP, termasuk didalamnya Pemkab Minahasa.

“Saya bersyukur karena hampir semua Kabupaten dan Kota bisa meraih opini WTP dari BPK. Saya berharap ini menjadi motivasi bagi semua Kabupaten/ Kota agar terus mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja dalam pengelolaan administrasi asset dan keuangan daerah, sehingga opini WTP dapat dipertahankan,” kata Gubernur OD, sembari meminta seluruh Kepala Daerah, selalu memenuhi semua saran dari BPK agar pengelolaan keuangan berjalan optimal.

“Kita harus laksanakan apa yang disampaikan BPK. Kita semua harus sama-sama peduli untuk memperbaiki LKPD, bila ada yang harus diperbaiki agar kedepan menjadi lebih baik,” bebernya.

Sementara, Pj Bupati Meweh mengaku bangga dengan opini WTP yang kembali diraih Pemkab Minahasa, atas LKPD tahun 2017, yang kala itu masih dibawah pimpinan Bupati Minahasa periode 2013-2018, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi. Menurutnya, ini akan menjadi motivasi dan semangat bagi jajaran Pemkab Minahasa yang sudah bekerja keras untuk menghasilkan LKPD yang memenuhi standar aturan dan asas-asas pengelolaan keuangan daerah, untuk kedepannya memberikan yang lebih baik lagi.

“Ini tentunya menjadi motivasi kepada jajaran dalam mengelolah keuangan dan asset daerah, menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Kita tidak berpuas diri dan terlena dengan hal ini, melainkan akan lebih baik lagi kedepan,” pungkas Mewoh, yang kala itu hadir didampingi jajaran Pejabat Pemkab Minahasa. (red/christian)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s