Shevanya Lintuuran dan Joshua Kereh Raih Putra Putri Pesona Minahasa 2018

Tondano – Setelah melalui proses pemilihan yang ketat akhirnya Joshua Kereh utusan OSIS SMA Negeri 3 Tondano dan Shevanya Lintuuran utusan PELSIS Minahasa berhasil merebut gelar Putera dan Puteri Pesona Minahasa 2018 pada Jumat 22/6 malam di Amphyteater Benteng Moraya Tondano.

Atas prestasi tersebut, Joshua dan Shevanya menerima topi adat dari Putera Pesona Minahasa 2017 Daniel Santra dan Puteri Pesona Minahasa 2017 Katja Paath, dan berhak atas Trophy Bupati Minahasa dan Trophy Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa, ditambah Uang Tunai masing-masing Rp 3.000.000, dan Voucher Nginap Gratis di Hotel Mercure Tateli Beach Resort.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Pergelaran Seni dan Budaya Minahasa dalam ajang Festival Kebudayaan Minahasa 2018 ini, menampilkan pula tarian Maengket, tarian Pisok dan Fashion Show dari Tim Kesenian Ikatan Waraney Wulan Minahasa (IWWM), tarian Kabasaran dan musik Kolintang Makaaruyen Rua Tondano ini, menetapkan pula Misael Tampi utusan Karang Taruna Kecamatan Eris dan Prilisa Wowor utusan OSIS SMP Negeri Tompaso sebagai Wakil I Putera dan Puteri, yang berhak atas Trophy Sekdakab Minahasa dan Trophy Ketua DWP Kabupaten Minahasa serta Uang Tunai Rp 2.000.000,-

Disamping itu, kegiatan yang dinilai oleh Dewan Juri meliputi Akademisi UNSRAT yang juga Noni Sulut 1990 dan Puteri Ayu Indonesia 1992 Prof Dr Ir Winda Mercedes Mingkid, Direktur Operasional Koran Sindo Manado Gladys Runtukahu SE dan Staf Khusus Bupati Minahasa Bidang Pariwisata Meksi Sahensolar SPi, menetapkan pula Jordan Koho utusan OSIS SMA Negeri 3 Tondano dan Melvy Lintang utusan Karang Taruna Kecamatan Eris sebagai Wakil II Putera dan Puteri dan berhak atas hadiah Trophy Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa dan Uang Tunai masing-masing Rp 1.000.000,-

Untuk gelar Putera dan Puteri Favorit direbut oleh Imanuel Brian Tendean utusan Remaja GMAHK Jemaat Wulauan Tondano dan Natalia Rengkuan utusan OSIS SMA Negeri 3 Tondano, dan keduanya berhak atas Trophy Kadis Budpar Minahasa dan Tiket Pesawat Manado-Bali (PP).

Sementara gelar Putera-Puteri Intelegensia diraih oleh Eukharistio Yululano utusan PELSIS Minahasa dan Anastasya Kaloh utusan OSIS SMA Negeri 3 Tondano, dan gelar Putera-Puteri Persahabatan direbut oleh Billy Tendean utusan Remaja GMIM Eben Haezar Masarang dan Crivilia Dien utusan Remaja GMIM Tumou Tou Kendis, dan semuanya berhak atas Trophy Kadis Budpar Minahasa.

Sedangkan gelar tambahan berupa Peserta Fotogenik Terbaik diraih oleh Julio Tuju utusan SMA Yadika Langowan dan Tasya Najoan utusan SMK Negeri 1 Tombulu yang meraih hadiah Voucher Hotel dari Koran Sindo Manado, dan Peserta Penulis Berita Terbaik diraih oleh Johny Rantung utusan OSIS SMK Negeri 1 Tondano dan Cassy Lumi utusan SMA Negeri 3 Tondano yang merah Voucher Khusus dari Harian Manado Post.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi memberikan apresiasi kepada 36 Finalis yang telah tampil baik dalam semua tahapan Pemilihan Putera Puteri Pesona Minahasa 2018 ini dan menyampaikan terima kasih kepada semua elemen seni dan budaya Minahasa yang telah tampil memukau dalam Festival Kebudayaan Minahasa tahun 2018 ini.

Dikatakan Tumundo bahwa Pemilihan Putera Puteri Pesona Minahasa ini berbeda dengan Pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa, karena dari kategori usia peserta ini berusia remaja yaitu 14 hingga 17 tahun. Sementara untuk Pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa nanti kategori peserta adalah pemuda yang berusia 17 hingga 24 tahun.

Tumundo mengharapkan agar kegiatan ini dapat berlangsung terus setiap tahun, dan mendapat dukungan dari elemen seni dan budaya Minahasa.

“Harapan kami, melalui kegiatan Festival Kebudayaan Minahasa ini, akan turut melestarikan seni dan budaya Minahasa sebagai bagian dari Kebudayaan Minahasa” ungkap Tumundo.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Minahasa Mellisa Rondonuwu SP selaku Ketua Panitia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mengutus peserta, turut mensponsori dan mensukseskan kegiatan ini. (Christian Tangkere)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s