Relawan Pemkab Minahasa Selesaikan Misi Kemanusian di Sulteng, ROR-RD Ucapkan Terima Kasih Kepada Relawan

MINAHASA – Misi kemanusian yang dilakukan 56 Relawan Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan membawa bantuan logistik dan pelayan kesehatan gratis di Kota Palu, Sigi, Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng) telah selesai, setelah tiga hari lamanya dilakukan penyaluran.

Namun kenangan yang tidak pernah dilupakan para Relawan adalah melihat langsung kondisi daerah disana hancur lebur akibat bencana alam Gempa Bumi dan Tsunami serta Likuifaksi pada tanggal 28 September 2018 lalu.

IMG-20181016-WA0024

Belum lagi melihat kondisi puluhan ribu masyarakat di beberapa daerah terkena bencana harus menahan lapar hingga berhari-hari karena belum juga ada bantuan logistik yang diterima. Begitu juga tenda-tenda darurat yang sangat terbatas untuk menampung puluhan ribu warga tidak memadai, akibatnya kepanasan dan kehujanan.

Namun penderitaan warga disana dapat terobati ketika relawan Pemkab Minahasa menyalurkan bantuan logistik dan pelayanan kesehatan gratis.

Penyaluran bantuan dilakukan di beberapa tempat, seperti di gereja-gereja, Posko darurat dan  sebagian dibagikan langsung ke masyarakat yang terkena bencana.

IMG-20181016-WA0003

Menurut Kordinator Relawan Alexander Mamesah, misi kemanusian ini patut dilakukan karena menjadi tanggungjawab pemerintah termasuk kabupaten Minahasa serta instansi terkait dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terkena bencana alam.

“Ini adalah bencana nasional bahkan internasional. Sebab, selain ribuan warga yang meninggal, banyak juga masyakat yang butuh bantuan akibat korban bencana ini, dan itu menjadi tanggungjawab kita bersama membantu masyarakat disana,” kata Mamesah di dampingi Sekretaris Dinas Sosial Denny Tualangi dan Kepala Seksi Logistik BPBD Minahasa Stavanus Koroh.

Dijelaskan Mamesah, bantuan ini atas perintah langsung dari Bupati kabupaten Minahasa Ir. Royke Roring, M.Si yang juga Ketua Pria Kaum Bapak (PKB) Sinode Am Gereja-gereja (SAG) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si.

“Sebagai Ketua PKB Am Suluttenggo tentunya bapak Bupati sangat prihatin apa yang dialami oleh masyarakat dan Jemaat serta warga Kawanua di wilayah Sulawesi Tengah. Untuk itu Bupati dan Wakil Bupati berpesan agar Relawan Pemkab Minahasa harus menyelesaikan misi kemanusiaan ini hingga selesai,” terangnya.

Dikatakan Mamesah, seberapa pun bantuan yang suda disalurkan kepada korban bencana, kiranya bisa bermanfaat dan meringankan beban warga di sana.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa saya berharap Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala juga masyarakat Sulteng bisa bangkit kembali sehingga beraktivitas lagi seperti biasa,” harapnya.

Mamesah juga manambahkan, Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring, M.Si selaku Ketua PKB SAG dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si mengucapkan terima kasih kepada Relawan yang suda menjalankan misi kemanusian ini dengan selesai.

“Atas nama Pemkab Minahasa Bupati dan Wakil Bupati menyampaikan terima kasih kepada kita semua relawan yang suda menjalankan tugas mulia ini hingga selesai,” ucap Mamesah. (Christian)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s