Bupati ROR Hadiri Rakorda Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu 2019

Manado – Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi, mengikuti Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dalam rangka pemantapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2019, tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (25/02) pagi, bertempat di Gedung Mapalus Kantor Gubernur, Manado.

Bupati ROR disela-sela mengikuti kegiatan ini menyampaikan bahwa, maksud dirinya hadir dalam kegiatan ini adalah untuk menyamakan Visi dan Misi, Persepsi dan Pola Tindak, agar terjalin sinergitas seluruh pemangku kepentingan Pemilu, dalam menjalankan tugas sesuai bidang dan kewenangan menunjang kelancaran dan suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019.

FB_IMG_1551136482337

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang berintegritas, sukses, aman, damai, dan sejuk di Kabupaten Minahasa dan Provinsi Sulut serta Indonesia secara keseluruhan. Untuk itu, saya meminta peran dari semua kompenen masyarakat untuk berpartispasi secara aktif,” tukasnya.

“Khusus Camat, Hukum Tua dan Lurah agar lebih gencar lagi mensosialisasikan Pemilu 2019 ini dalam acara sosial kemasyarakatan, baik suka maupun duka di wilayah masing-masing, dan mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya serta menjaga keamanan dan ketertiban untuk suksesnya pesta demokrasi tanggal 17 April 2019 memdatang,” pungkasnya.

Sementara, Rakorda ini dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulut, jajaran pejabat Provinsi dan Kabupaten/ Kota, hingga Camat dan Lurah/ Hukum Tua, Kepala Desa, Sangadi dan Opolao se-Provinsi Sulut.

FB_IMG_1551136501204

Adapun yang menjadi pembicara dalam rapat ini yakni pada sesi pertama, Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid Tri Harjanto, dengan materi “Potensi Kerawanan Pemilu 2019 dalam Perspektif Kepolisian di Sulut”. Kasdam XIII Merdeka Brigadir Jendral TNI Fajar Setiawan, dengan materi “Peran Strategi TNI Dalam Mendukung Pemilu Sukses Tahun 2019”. Kejati Sulut M Roskanedi SH, dengan materi “Kewaspadaan Nasional Menjelang Pemilu 2019 di Provinsi Sulut Dalam Perspektif Kejaksaan”.

Kemudian pada sesi kedua yakni, Ketua KPU Sulut DR Ardiles Mewoh SIP MSi, dengan materi “Kesiapan KPU Daerah Provinsi Sulut Dalam Menghadapi Pemilu 2019”. Komisioner Bawaslu Sulut Supriadi Pangellu SH, dengan materi “Kesiapan Bawaslu Dalam Menghadapi Pemilu 2019”. Kepala BPKP Sulut Kwinhatmaka SE MM, dengan materi “Pengelolaan Keuangan dan Pengedalian Pemilu”.

Gubernur OD dalam sambutannya mengatakan bahwa, pesta demokrasi tahun 2019 ini menjadi agenda nasional. Untuk itu, dirinya mengajak seluruh yang terundang dalam Rakorda ini harus bersama berkontribusi dengan baik dalam rangka menentukan masa depan Republik Indonesia yang dicintai.

“Tentunya peran kita sebagai aparat pemerintah dan seluruh rakyat sangat diharapkan. Karena itu adalah tugas dan tanggung jawab kita sebagai aparat pemerintah, untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tugas ini akan sangat menentukan keberlangsungan dan arah pembangunan bangsa dan daerah kita kedepannya. Maka, pelaksanaan demokrasi tahun 2019 ini mendapatkan perhatian khusus serta dukungan terhadap proses pembangunan demokrasi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di Sulut,” kata OD.

Gubernur menambahakan, pelaksanaan berbagai tahapan demi tahapan yang dilakukan untuk suksesnya Pemilu 2019, yang sesuai prinsip dasar dan nilai-nilai konstitusional, harus senantiasa dimanfaatkan dengan baik. Karena menurutnya, ini merupakan hal yang mutlak untuk didukung oleh semua stakeholder, agar pembangunan dan kemajuan daerah dan bangsa ini memuju ke arah yang lebih baik.

“Saya percaya bahwa, kebersamaan kita merupakan perwujudan komitmen untuk memberikan dukungan terhadap proses pembangunan demokrasi, dengan penuh tanggung jawab bagi kesinambungan pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di Sulut,” ujarnya.

“Kepada Kepala Daerah diharapkan mendukung program Pemilu 2019, dan ikut menjalankan peran dan fungsi secara optimal agar tidak ada permasalahan yang terjadi dalam Pemilu 2019 ini. Diharapkan pula kepada semua Kepala Daerah, Perangkat Daerah, Camat, Lurah, Kepala Desa se-Sulut dapat membantu memfasilitasi penyegaran Pemilu, serta melakukan sosialisasi Pemilu 2019 kepada masyarakat,” pesan Gubernur.

(Christian Tangkere)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s