Jelang Pemilu, KPU Minahasa Gandeng Pers dan Ormas Adat Sosialisasikan Pemilu ke Masyarakat

Tondano – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih kepada Pers dan LSM Organisasi Adat dan Budaya di Minahasa bertempat di restoran Ribbs Tondano Jumat 7/3/19.

Ketua KPU Minahasa Lord Malonda dalam prakata pembuka mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi segala topangan yang diberikan pegiat pemilu didalamnya ada Pemkab Minahasa, Ormas, LSM, serta Pers dalam mensosialisasikan segala tahapan pemilu 2019 ini.

“Walaupun banyak tantangan dalam pekerjaan kami sangat terbantukan akan kerja sama dan dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah kabupaten Minahasa, LSM, Ormas, serta Insan Pers yang ada dibiro Minahasa, “Kata Malonda yang didampingi Komisioner Rendy Suawa, Kristoforus Ngantung, Lidya Malonda, dan Piter Mawikere.

Terkait kesiapan mengenai surat suara, Malonda menyampaikan bahwa dalam pemeriksaan terdapat 15 surat suara yang rusak. “Kami menemukan ada15 yang rusak, namun pihak kami dalam waktu dekat akan membuat berita acara untuk menyampaikan ke KPU RI untuk mendapatkan penggantinya, ” jelas Malonda.

Sementara Bupati Minahasa melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra DR Denny Mangala M.Si saat menjadi narasumber menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Minahasa memastikan masyarakat pengguna hak pilih dalam Pemilihan Umum mendatang seluruhnya lengkap mengantongi Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

“Pemda Minahasa oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sudah melakukan perekaman e-KTP untuk posisi hari ini capai 99 persen,dan target kita sampai pada hari H Pemilihan dapat capai 99.9 persen, ” Kata Mangala.

Ditambahkannya pula,pihak Dukcapil sendiri tetap akan membuka pelayanan perekaman pada hari H pemilihan.
“Pada 17 April Dinas Dukcapil terus buka pelayan perekaman e – KTP mengginggat masih ada yang berulang tahun tepat pada tanggak 17 itu, jadi walaupun hari itu merupakan hari yang diliburkan mereka tetap memberikan pelayanan, sehingga pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya,” terangnya.

(Christian Tangkere)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s