Wakili Bupati Minahasa, Kuron Hadiri Rakornas Perpustakaan

Jakarta – Bupati Minahasa Ir. Royke Okravian Roring, MSi yang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Minahasa Drs Dolfie Kuron, MBA mengahadiri Rapat koordinasi nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan yang turut di hadiri dan di buka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) Tjahjo Kumolo, SH di Birawa Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/03/2019).

20190316_113227

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menekankan agar kelembagaan perpustakaan di daerah harus kuat. Hal itu dilakukan guna mewujudkan tata kelola perpustakaan sebagai salah satu urusan wajib non pelayanan dasar pemerintah daerah.

“Agar bisa mewujudkan tata kelola perpustakaan, kelembagaannya perpustakaan di daerah juga harus kuat,” tegas Mendagri saat membuka membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2019

Mendagri menambahkan agar Perpustakaan Daerah Provinsi maupun Kota Kabupaten agar di dikembangkan. Dunia tidak bisa berubah tanpa imajinasi, Imajinasi akan muncul degan membaca,” kata Mendagri.

20190316_112820

Lebih lanjut dikatakannya, perpustakaan memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, mandiri dan mampu berdaya saing di era global. Salah satu peran penting tersebut ialah membangun ekosistem masyarakat berpengetahuan (knowledge based society).

“Secara inklusif adalah hak masyarakat untuk mendapatkan layanan perpustakaan, di mana pun mereka berada dan pada kondisi apa pun. Hal ini dijamin oleh negara melalui Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan,” kata Tjahjo.

Sementara Plt Kadis Perpustakaan Drs. Dolfie Kuron, menyampaikan terima kasih kepada Bupati, Wakil dan Sekda Minahasa yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti Rakornas.

“Ada banyak hal dan pengalaman yang sangat berarti yang telah di terima lewat Rakornas ini yang nantinya sebagai bekal dan modal bagaimana mengembangkan dan menggairahkan Perpustakaan di Minahasa untuk menjadikan masyarakat berkuatitas atau memiliki sumber daya yg handal dan sejahtera lewat cinta gemar suka membaca,” ungkap Kuron kepada media ini.

(Christian Tangkere)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s