Bimtek Perencanaan Pembangunan Daerah, Pemkab Minahasa Hadirkan Narasumber dari Kementerian PAN RB

Minahasa – Untuk mewujudkan pembangunan yang terarah dan mencakup kebutuhan masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa terus melakukan berbagai upaya. Itu terlihat dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) E-Planning dan Coaching Clinic RPJMD, Renstra dan Renja Perangkat Daerah yang berlangsung selama 2 hari (28-29 Mei 2019) di Hotel Mercure Tateli.

Sekretaris Daerah Jeffry Korengkeng SH.MSi yang memimpin kegiatan di hari ke-2 (29/5) ini terus memberikan motivasi kepada para peserta yang hadir dari seluruh OPD yang ada di Pemkab Minahasa.

“E-planning ini juga nantinya dapat membantu terbangunnya sikap positif para stakeholder dan terhindarnya dari sikap apriori terhadap program-program pembangunan didaerah akibat keterbatasan informasi,” tandasnya.

BIMTEK BAPELITBANGDA 05

Sementara di hari kedua Bapelitbangda menghadirkan narasumber yaitu Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Ronald Andrea Annas yang menyampaikan bahwa Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah atau I-Planning ini digunakan oleh lintas instansi. Instansi / user tersebut bisa mengakses sistem tersebut dengan batasan akses yang sudah ditentukan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Beberapa Manfaat Diterapkannya Aplikasi Perencanaan E-Planning Diantaranya: Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dapat dilakukan secara On-Line, Database Terintegrasi, Data Perencanaan digunakan untuk Data Sistem Yang Lain (Sistem Anggaran, Sistem  Evaluasi & Monitoring, dll), Pengaturan Waktu Pertahapan, Sehingga Penyusunan RKPD dapat berjalan tepat waktu, Pengawasan Serapan Anggaran Menjadi  Lebih Mudah dan Proses Perencanaan Menjadi Praktis dan Mudah,” jelasnya.

Lebih lanjut Anas menyampaikan Aplikasi e-Planning Terintegrasi dengan E-SIMRENDA, Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah, E-TEPPA Tim Evaluasi & Percepatan Penyerapan Anggaran.

“Termasuk Sistem Informasi Penyusunan RPJMD & RENSTRA, E-SAKIP Sistem Informasi Akuntabilitas Instansi Pemerintah dan E-DALEV Sistem Informasi Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan. [Christian Tangkere]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s