Pemkab Minahasa Gerak Cepat Atasi Eceng Gondok yang Tutupi DAS Tondano

Tondano – Angin kencang yang terjadi ahir ahir ini berdampk menumpuknya gulma enceng gondok di daerah sungai tondano yang mengakibatkan nelayan di seputaran kota tondano todak bisa beraktifitas menuju ke mulut danau tondano

Permasalan para nelayan asal tondano yang tidak bisa beraktifitas akibat sungai tondano tetutup enceng gondok mendapat perhatian khusus dari pemerintah kabupaten minahasa.

Kepala dinas Lingkungan hidup Ir. Wenny Talumewo mengatakan instansi yang ia pimpin saat ini atas instruksi pimpinan Bupati dan Wakil BupatiĀ  kami sudah melalukan peninjauan serta mencari solusi agar melayan yang ada di tondano bisa beraktifitas kembali ke mulut danau tondano.

“Saat ini sudah ada alat berat di danau tondano untuk membuka areal mulut sungai tondano ke aliran sungai tondano serta akan membuat jalur khusus bagi nelayan untuk melintasi sungai tondano tanpa tergangu dengan gulma enceng gondok,”ungkapnya.

Talumewo menambahakan untuk jalur khusus perahu nelayan akan di batasi dengan bambu sekita 2,5 meter sambil alat berat membersihkan enceng gondok dari sungai tondano

“Siang ini di sungai dan danau tondano sebanyak 3 alat berat sementara melakukan pekerjaan pembersihan enceng gondok,” ungkapnya sambil berharap dengan terbukanya akses bagi nelayan asal tondano agar bisa kembali beraktifitas mencari ikan ke danau tondano dengan membersihkan enceng gondok yang menutupi sungai tondano. (Christian Tangkere)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s