Bupati James Sumendap Hadiri Peringatan Hari Tanpa Tembakau di Jakarta

Jakarta – Bupati James Sumendap SH, menghadiri peringatan Hari Tanpa Tembakau Se-dunia, atau World No Tobacco Day (WNTD) di Jakarta, Kamis (11/7).

“Ini merupakan kegiatan dalam upaya kampanye untuk kesehatan paru-paru, dan anti tembakau,” kata Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Tenggara (Mitra) dr Helny Sonya Ratuliu saat mendampingi Bupati James Sumendap.

IMG-20190713-WA0002

lanjutnya, Dinas Kesehatan Mitra yang dipimpinnya serius mengkampanyekan pentingnya kesehatan paru-paru bagi kehidupan manusia. Kegiatan itu melibatkan berbagai elemen masyarakat di Mitra.

“Kami terus kampanye (kesehatan). Seperti dampak negatif tembakau terhadap kesehatan paru-paru manusia, mulai dari kanker hingga penyakit pernapasan kronis. Selain itu juga tentang fungsi paru-paru terhadap kelangsungan hidup manusia,” jelasnya.

Kampanye tahunan itu, menurut Helni, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang efek berbahaya dari penggunaan tembakau bakar dan paparan asap rokok. Ia berharap warga dapat mengerti dan menerapkan pengetahuan dari kampanye kesehatan itu dalam kehidupan sehari-hari. Demikian pula Pemkab telah menyiapkan program-program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rangka mengajak masyarakat untuk hidup lebih baik lagi.

“Kesadaran masyarakat sangat kami harapkan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Program gerakan masyarakat sehat akan terus kami galakkan di seluruh kecamatan dengan melibatkan Puskesmas,” tandas Helny.

(Victor TB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s