Satu Lagi, Terobosan Bupati JS di Dunia Pendidikan Minahasa Tenggara

Ratahan – Satu lagi terobosan yang dilakukan Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap (JS), kali ini ini menyentuh dunia pendidikan di Tanah Patokan Esa itu.

Bupati JS lewat Surat Edaran Nomor 139/2019 mengatur perubahan penggunaan seragam sekolah, khususnya bagi para siswa tingkat SD dan SMP. Kini para siswa laki-laki di Mitra mengenakan celana panjang, seperti umumnya pada siswa laki-laki SMA. Sementara untuk siswa perempuan, diatur untuk mengenakan rok panjang, 5 Cm di bawah lutut.

Bupati mengatakan, penerapan pakaian untuk SD dan SMP di Mitra ini adalah pertama kalinya di seluruh Indonesia, bahkan sejak zaman penjajahan hingga era terkini. ”Ini era baru untuk Indonesia. Jadi mulai ajaran 2019-2020 di Kabupaten Mitra siswa SD dan SMP diwajibkan untuk memakai rok dan celana panjang,” ujar Bupati JS.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Mitra Aske Benu menuturkan, peraturan baru itu diterapkan sejak hari pertama Tahun Ajaran baru ini dimulai, yakni Senin 11 Juli 2019. “Siswa laki-laki SD dan menengah pertama (SMP) diwajibkan untuk menggunakan celana panjang. Sementara bagi siswa perempuan diwajibkan menggunakan seragam rok yang panjangnya sampai 5 cm di bawah lutut,” terang Benu.

Benu menambahkan, penerapan aturan baru ini sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kekerasan dan tindak asusila terhadap anak di bawah umur. Selain itu pakaian panjang, menurutnya, juga bisa mencegah gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit Demam Berdarah (DB). Nyamuk penyebar virus DB ini umumnya menggigit pada siang hari.

“Kami prihatin dengan maraknya kejadian pelecehan dan kekerasan seksual terhadap anak-anak. Untuk itu kami harus segera bertindak. Kemudian, mencegah DB selain kebersihan siswanya harus terlindungi, salah satunya dengan celana dan rok panjang agar terhindar dari gigitan nyamuk,” tandasnya. (Victor TB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s