Lepas Calon Jemaah Haji Mitra, Bupati JS : Semoga Jadi Haji yang Mabrur

Ratahan – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH melepas rombongan calon jemaah haji Kabupaten Mitra tahun 1440 Hijriyah (2019), bertempat di sport hall kantor bupati, Ratahan, pada Senin (29/7).

Kepala Kantor Kemenag Mitra Recky A Kaligis SE dalam laporannya mengatakan, di tahun 2019 ini presentasi jumlah calon jemaah haji di daerah itu naik 100 persen jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Ia mensyukuri capaian itu karena dapat memberi peluang bagi terjadi percepatan pergerakan dalam daftar tunggu jamaah haji, khususnya bagi Kabupaten Mitra. “Kami juga sangat berterima kasih kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo dan Bapak Bupati James Sumendap, karena selalu peduli dan memberi perhatian serius bagi penyelenggaraan haji di Mitra. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kuota haji yang biasanya tidak pernah lebih dari 25 orang, tapi tahun ini bahkan mencapai angka 42 orang jemaah,” ujarnya.

20190730_081759

Lanjut Kaligis, para jemaah yang berangkat itu terdisi dari 17 orang laki-laki dan 25 perempuan, tergabung pada kloter 13. Yaitu dari 2 kloter yang disiapkan embarkasi Balikpapan untuk Sulut : kloter 12 dan 13. “Jadwal keberangkatan dimulai tanggal 31 Juli, diberangkatkan ke Manado. Tanggal 1 agustus dini hari ke Balikpapan dan 2 agustus diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi. Rombongan akan kembali ke tanah air melalui Medinah tanggal 14 September,” terangnya.

Sementara Bupati Mitra James Sumendap dalam arahannya mengatakan, jemaah haji harus mempersiapkan diri dengan baik, serta saling menjaga di antara sesama jemaah asal Mitra saat berada di Tanah Suci nantinya. Bupati JS juga mengungkapkan harapannya agar para calon jemaah haji dari Mitra dapat menjadi haji yang mabrur, menjadi haji yang diterima oleh Allah dan berdampak pada kebaikan diri serta bermanfaat bagi orang lain. “Saya harap para jemaah dari Mitra telah mempersiapkan diri dengan matang. Karena ini merupakan ibadah dan harus saling jaga satu sama lain. Jaga kesehatan. Tunaikan ibadah dengan khusyuk, sehingga menjadi haji yang mabrur. Dan bagi mereka yang berencana menunaikan ibadah haji, banyak berdoa, berhemat dan menabung agar harapan bisa tercapai,” tandasnya.

Turut hadir dalam pelepasan calon jemaah haji itu, Sekda Mitra Robby Ngongoloy ME MSi, para asisten Setda Mitra, para kepala SKPD dan keluarga para jamaah haji.

(Victor TB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s