25 Paskibraka Mitra Dikukuhkan, Bupati JS : Kibarkan Merah Putih dengan Kebanggaan!

Ratahan – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap mengukuhkan 25 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2019, yang nantinya akan bertugas dalam pengibaran bendera pada perayaan puncak HUT RI ke-74 yang digelar di Lapangan Ompi Ratahan. Pengukuhan itu digelar di Sport Hall Kantor Bupati pada Kamis malam (15/8).

Pengukuhan para pasukan Paskibraka, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan ikrar yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Djelly Waruis. Pemasangan Kendi oleh Bupati kepada perwakilan personil Paskibrakan sebagai tanda  telah siap menjalankan tugas negara.

Dalam sambutannya, Bupati JS mengatakan tugas pengibaran bendera merupakan tugas vital dalam semangat nasionalisme merayakan HUT Kemerdekaan RI. Ia berharap para generasi muda dapat terpupuk jiwa nasionalismenya sehingga semakin mencintai bangsa dan memberikan pelayanan terbaik lewat tugas yang dipercayakan sebagai Paskibraka Mitra. “Keikutsertaan para siswa dan siswi dalam rangka kegiatan peringati hari kemerdekaan Republik Indonesia memiliki peran yang strategis dalam proses transfer nilai-nilai Nasional bagi generasi muda,” ujarnya.

Lanjut Bupati, melalui pengukuhan itu pada anggota Paskibraka mendapatkan nilai yang terkandung dalam arah perjalanan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. “Saya berharap putra-putri yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, teruslah kalian beribadah dan mengembangkan sikap dan perilaku yang religius. Agar kalian memiliki budi pekerti yang luhur. Saya berharap momen ini akan menjadi momen yang berharga dan dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab yang besar,” tambah Sumendap.

Ia berharap, tugas pengibaran bendera yang dilakukan baik ditingkat Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi sampai pusat semuannya mempunyai makna yang sama dan prosedurnya sama. “Jadi mari kita kibarkan Merah Putih yang adalah kebanggaan kita karena ini adalah suatu pengorbanan dari pahlawan sehingga merah putih berkibar di seluruh negeri sampai pelokso daerah,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara malam itu Wakil Bupati Mitra Jesaja J O Legi, Sekdakab Mitra Robby Ngongoloy, para Asisten Setda Pemkab Mitra, beserta pimpinan Forkopimda Mitra beserta jajaran pimpinan SKPD, para orang tua personil Paskibraka Mitra dan para undangan lainnya. (Victory TB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s