Upaya Tingkatkan SDM, Pemkab Mitra Teken MoU dengan Unitomo Surabaya

Surabaya – Pemkab Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya melalui jalur pendidikan. Bertujuan meningkatkan SDMnya, Pemkab Mitra menjalin kerja sama dengan Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya.

Pada Sabtu (24/8) dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di antara kedua belah pihak, sebagai awal kerja sama peningkatan SDM Mitra itu. Mewakili Bupati James Sumendap, Sekda Mitra Drs Robby Ngongoloy ME MSi menandatangani MoU bersama pihak Unitomo oleh Rektor Dr Bachrul Amiq SH MH yang didampingi Dekan Fakultas Ilmu Administrasi. Turut hadir menyaksikan momen itu, para dosen dan para mahasiswa Program S2 asal Mitra, Minsel, Manado dan Papua Barat.

Unitomo sendiri merupakan salah satu universitas unggulan di Indonesia. Dari 4300-an universitas di seluruh Tanah Air, Unitomo masuk pada peringkat ke-93 unggulan. Sementara khususnya untuk daerah Surabaya, dari 300-an universitas unggulan, Unitomo masuk pada peringkat ke-12 unggulan.

Pada kesempatan itu Sekda Ngongoloy mengatakan, di era digital saat ini dibutuhkan SDM yang mumpuni untuk meningkatkan kualitas SDM lainnya yang ada di Minahasa Tenggara. Untuk itu melalui kerja sama  itu , baik ASN maupun masyarakat umum yang akan ikut ataupun melanjutkan studi. “Nantinya ilmu yang diserap mampu diterapkan dalam kontribusinya di daerah secara umum dan luas,” harap Sekda.

Dalam menimba ilmu, menurutnya, sangat penting untuk memperhatikan kualitas universitas, sebagai jaminan mendapatkan ilmu yang berguna dalam aplikasi di dunia kerja. Apalagi Unitomo Surabaya merupakan salah satu universitas unggulan di Indonesia yang berhasil mencetak ribuan mahasiswa yang benar-benar memiliki skill, berkontribusi dalam dunia pekerjaan. “Peningkatan SDM memang sangat perlu, apalagi di era digital saat ini. Hal ini sesuai dengan visi-misi Bupati, SDM Mitra harus unggul di segala bidang,” ujar Sekda Ngongoloy.

Sementara itu Rektor Unitomo  Dr Bachrul Amiq SH MH mengungkapkan apresiasinya serta berterima kasih kepada Pemkab Mitra, dalam hal ini Bupati James Sumendap beserta jajaran, yang sudah mau membuka kesempatan untuk menjalin kerja sama khususnya di bidang pendidikan guna peningkatan kualitas SDM.

“Ini luar biasa! Karena Pemkab Mitra begitu peduli terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia lewat pendidikan. Apalagi mempercayakan Universitas Unitomo untuk menjalin kerjasama,” tandasnya. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s