120 Calon Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Minahasa Ikuti LATSAR

Minahasa – Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits R Muntu S.Sos memberikan Pengarahan Pelatihan Dasar (LATSAR) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Minahasa Tahun 2019 di Balai pelatihan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulut Jumat 20/09.

Turut hadir dalam kegiatan Penutupan LATSAR Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Prov Sulut Ir. Jeffry Senduk, Staf Ahli Bidang Keuangan, Pembangunan dan Ekonomi Minahasa Ir.Teddy Kamagi, Kepala BKPSDM Kab Minahasa Drs Moudy L Pangerapan MAP.

Perjalanan 120 CPNS tahun 2019 untuk segera mengabdikan diri di jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, semakin mulus. Berbagai proses dan tahapan masa uji coba berhasil dilalui. Selama 51 hari kerja, mereka digodok dalam kegiatan pelatihan dasar (latsar) yang diselenggarakan Pemkab Minahasa bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Sulawesi Utara.

Selama pelatihan, ratusan CPNS mendapat telah banyak pembekalan. Seperti arahan yang disampaikan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Minahasa, Frits Muntu S.Sos dalam acara penutupan Latsar, Jumat (20/9). “Tugas seorang PNS adalah melayani masyarakat. Untuk itu harus dijalani sebaik baiknya dengan kesabaran dan keikhlasan sehingga masyarakat yang dilayani merasa puas. Jadilah pelayan masyarakat yang sabar, Ikhlas dan murah senyum agar masyarakat puas dan senang,” pesan Muntu.

Mewakili Bupati, diapun mengucapkan selamat atas kelulusan seluruh peserta pelatihan dasar sambil berharap, pasca pelatihan ini para CPNS harus mampu menguasai seluruh materi yang sudah dipelajari yang kemudian diterapkan dalam melaksanakan tugas di unit kerja masing masing.

Sementara itu, Kepala Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kabupaten Minahasa Drs Moudy Pangerapan MAP memaparkan, dalam pelaksanaan Latsar ini total ada 123 CPNS yang difasilitasi Pemkab Minahasa. “Untuk Minahasa jumlahnya ada 120 orang CPNS yang lulus seleksi tahun 2019, sedangkan untuk 3 CPNS lainnya adalah titipan dari Pemerintah Kota Tomohon,” papar Pangerapan.

Menurutnya, pelaksanaan Latsar dimulai sejak 29 Juli 2019 yang bertempat di Kantor BPMSDMD Sulut, Maumbi, Minahasa Utara. Selama 51 hari pelatihan, peserta mengikuti tiga tahapan yakni 18 hari on campus, 30 hari off campus dan 3 hari evaluasi.
Pangerapan menjelaskan, dari jumlah 123 CPNS, ada sebanyak 112 peserta dari golongan III dan 11 peserta dari golongan II. “Mereka terbagi atas tiga kategori formasi, masing-masing tenaga guru 38 peserta, tenaga kesehatan 48 peserta dan tenaga teknis 37 peserta,” urainya.

Selama Latsar, peserta mendapatkan kurikulum pembentukan karakter PNS, diantaranya tentang sikap prilaku Bela Negara, Nilai-nilai Dasar PNS, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta Habituasi.
“Tentu diharapkan melalui pelatihan dasar ini, peserta CPNS akan mempunyai kompetensi yang menunjukan sikap prilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam melaksanakan tugas jabatanya, juga mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI serta menunjukan penguasan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugasnya,” pungkasnya.

(Christian Tangkere)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s