Jesaja Legi: Perkukuh Pancasila sebagai Dasar dan Pandangan Hidup Bangsa

Ratahan – Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), di lapangan Kantor Bupati Mitra, Selasa (1/10/2019), berlangsung dengan hikmad.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Wakil Bupati Drs Jesaja J O Legi mengatakan, peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun ini mengangkat tema ‘Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia.’

Sejarah mencatat bahwa lahirnya Hari Kesaktian Pancasila dilatarbelakangi gerakan 30 September 1965, dimana adanya upaya pemberontakan dan kudeta oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Gerakan yang didasari dengan niat mengubah Ideologi Bangsa Indonesia Pancasila menjadi ideologi komunis, akhirnya gagal dan ini menandakan betapa sakti dan sakralnya Pancasila.

Oleh karena itu Legi menegaskan bahwa peringatan hari Kesaktian Pancasila kali ini, pada dasarnya untuk memperkukuh Pancasila sebagai dasar dan pandangan hidup bangsa.

“Hingga saat ini Bangsa Indonesia telah menjadikan Pancasila sebagai falsafah hidup, serta pedoman berbangsa dan bertanah air sehingga Hari Kesaktian Pancasila perlu direnungkan dan direfleksikan dalam hidup seluruh warga Indonesia,” ungkap Legi, kala membawakan sambutan mewakili Bupati Mitra James Sumendap.

Hadir pada upacara ini, anggota DPRD Kabupaten Mitra, Forkopimda setempat lainnya, kepala-kepala SKPD, ASN dan THL Pemkab Mitra, serta utusan sekolah. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s