Tahapan Pilhut Mitra 2019 Berjalan Demokratis dan Kondusif, Wabup Legi Ungkap Apresiasi

Ratahan – Tahapan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) sejauh ini berjalan dengan kondusif. Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Wakil Bupati Drs Jesaja Joke O Legi menyatakan apresiasinya kepada semua pihak atas berjalan dengan baiknya pemilihan para kepala desa atau hukum tua di Mitra. Terlebih bagi Pilhut di Desa Tolombukan Barat Kecamatan Pasan, yang telah menjalankan Uji Kompetensi terhadap dua calon hukum tuanya, yang memperoleh jumlah suara yang sama.

“(Pilhut) sudah berjalan dengan sangat demokratis. Khusus di Tolombukan Barat ini calon hukum tua juga mengundang para pendukung untuk datang melihat langsung sampai sejauh mana netralitas pihak panitia penyelenggara juga pemerintah kecamatan dan kabupaten. Dan apa yang menjadi hasil sudah diterima dengan tidak ada yang berkeberatan,” ujar Wabup di akhir Uji Kompetensi Pilhut Desa Tolombukan Barat Kecamatan Pasan Kamis (10/10/2019).

Mewakili Bupati Mitra James Sumendap, Wabup Legi bersyukur lantaran tahapan Pilhut jauh dari gangguan Kamtibmas. Potensi itu bisa terjadi disebabkan perbedaan masyarakat dalam menentukan pilihannya, apalagi dalam Pilhut yang perbedaan jumlah suaranya ketat seperti yang terjadi di Desa Tolombukan Barat.

“Kami pemerintah kabupaten sangat mengapresiasi apa yang sudah dilaksanakan oleh panitia Pilhut, pengawas dan saksi-saksi. Terutama apresiasi kepada masyarakat para pendukung yang telah menjaga keamanan dan ketertiban. Terbukti sehabis ujian kompetensi para calon hukum tua yang bersaing saling berpelukan menandakan kesuksesan Pilhut. Ini bukan hanya sukses satu-dua orang, tapi ini sukses seluruh masyarakat dan pemerintah di seluruh Kabupaten Minahasa Tenggara,” sebut Legi.

Selanjutnya, tahapan Pilhut akan masuk pada tahap akhir dimana Bupati Mitra James Sumendap akan melantik para pejabat Hukum Tua terpilih dari 100 desa yang ada di seluruh tanah Patokan Esa. “Pelantikan Hukum Tua (terpilih) akan segera dilakukan sesuai Juknis Pilhut, yaitu paling lambat 30 hari,” tukasnya.

Sementara Kepala Kecamatan Pasan Selvie Umboh tak lupa mengungkapkan syukurnya atas rampungnya pemilihan di tujuh desa di bawah kepemimpinannya. Kini warga diminta untuk melupakan perbedaan dan bersatu untuk membangun desa.

“Sebagai pemerintah kecamatan kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas selesainya Pilhut di tujuh desa yang ada di Kecamatan Pasan. Harapan kami Kumtua terpilih bapak Robin, tidak bereuforia atau bangga secara berlebihan tapi menjalin kebersamaan. Karena tujuan mereka menjadi calon Hukum Tua adalah untuk membangun desa. Bagi calon yang belum terpilih agar bersama-sama juga membangun desa tercinta ini,” sebutnya.

Senada, tokoh agama di masyarakat Pasan Pendeta Lexy Pelengkahu gembira karena ajang pesta demokrasi warga desa itu telah usai dengan baik. Ia meminta warga menerima semua calon terpilih, sebagai pemimpin yang dikehendaki Tuhan.

“ Pelaksanaan ini baik sekali, sudah sesuai dengan harapan masyarakat. Uji Kompetensi ini merupakan pembelajaran bagi kita semua untuk menghadapi hari depan. Ini demokrasi sekali karena disaksikan banyak orang dan hasilnya murni dari pribadi calon hukum tua. Kepala Desa Tolombukan Barat sekarang ini adalah pilihan terbaik yang diberikan Tuhan kepada masyarakat. Mari warga bersyukur,” tandas pendeta di Jemaat Immanuel itu. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s