Bupati JS Ultimatum 7 Hari Kumtua Lama Selesaikan Laporan Keuangan Dandes

Ratahan – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap (JS) mengultimatum para pejabat hukum tua (Kumtua) periode lalu di seluruh Mitra, untuk segera menyiapkan pelaporan terkait penggunaan Dana Desa (Dandes), dalam waktu 1 minggu sejak kemarin Senin 14 Oktober. Pelaporan itu sedianya diserahkan dalam sertijab kepada Kumtua baru hasil Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) 2019.

“Saya berikan waktu 1 minggu. Hari Senin depan serah terima jabatan serentak semua (Kumtua lama kepada Kumtua baru). Persiapkan administrasi berkaitan dengan pemerintahan desa dan penggunaan pengelolaan Dana Desa. Saya selalu peringatkan hati-hati dalam mengelola Dana Desa. Pejabat hukum tua harus mempersiapkan pertanggung-jawaban adminstrasi. Kalau ada kurang bayar, atau pembelian bayar yang lebih, maka lakukan rapat pertanggung-jawaban,” ujarnya seusai melantik 97 hukum tua pada kemarin, Senin (14/10).

Menurutnya, para pejabat Kumtua periode lalu telah diserahkan tugas yang jelas, termasuk untuk memfasilitasi pesta demokrasi rakyat desa di Mitra dalam Pilhut Mitra 2019. “Tugas kalian hanya dua yaitu menjalankan pemerintahan serta memfasilitasi dan menyukseskan Pemilihan Hukum Tua. 10 bulan sudah dipercayakan mengurus Dana Desa, saya kira cukup,” ungkap sang gladiator.

Bupati berharap pada 21 Oktober Senin depan, pemerintah desa telah siap beralih kepada kepemimpinan yang baru. Di mana pelantikan para hukum tua hasil kontestasi Pilhut 2019 telah dilantik dan siap menunaikan tugasnya. Ia me-warning para Kumtua baru tidak terlibat korupsi yang merugikan banyak pihak.

“Bagi pejabat Hukum Tua yang baru, tugasnya adalah mengawasi Dana Desa. Serahkan pada bendahara. Jangan nanti Inspektorat turun untuk memeriksa, Anda sudah panas dingin. Jaga nama baik, jangan korupsi. Saya minta hari ini APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) melakukan tugas untuk melakukan pemeriksaan dan pembinaan,” tandasnya. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s