Tiga Pimpinan DPRD Mitra Ucap Sumpah Jabatan, Bupati JS : Ajak Kerja Bersama

Ratahan – Pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) diambil sumpah jabatannya dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Mitra dalam rangka Pengucapan Sumpah / Janji Pimpinan DPRD Mitra Masa Jabatan Tahun 2019-2024. Pengambilan sumpah dipimpin Kepala Pengadilan Negeri Tondano ST Iko Sujadmiko SH MH, di aula Sport Hall Pemkab Mitra pada Selasa (15/10/2019). Pengambilan sumpah pimpinan itu dilakukan kepada Ketua DPRD Mitra Marty Ole (PDIP), Wakil Ketua Tonny Hendrik Lasut (Golkar) dan Wakil Ketua Katrin Mokodaser (Demokrat).

Dalam sambutannya Ketua DPRD Marty Ole mengatakan, melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pimpinan DPRD sangat berat dan tidak mudah. Namun tugas dan tanggung jawab itu dipandangnya sebagai amanat mulia yang harus ditunaikan. Ia yakin seluruh anggota DPRD akan memberi dukungan terhadap pelaksanaan tugasnya sebagai pimpinan di dewan.

“Dan kami yakin segenap anggota DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara akan tetap memberikan dukungan. Secara bersama melaksanakan tugas dalam kelembagaan DPRD Mitra, dalam fungsi pembentukan Perda, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Dengan dilandasi dengan rasa kebersamaan dan semangat persaudaraan, kita dapat mempersembahkan karya terbaik bagi kesejahteraan warga Kabupaten Minahasa Tenggara yang kita cintai,” ujarnya.

Marty juga meminta seluruh jajaran pemerintah baik eksekutif maupun legislatif untuk bekerja bersama dalam keharmonisan, demi peningkatan kesejahteraan rakyat Mitra yang empunya kedaulatan di Tanah Patokan Esa itu.

“Dalam rapat paripurna ini kami mengajak kita semua untuk membangun dan menjaga lingkungan yang kondusif dan harmonis. Juga tetap konstruktif dan produktif dalam suasana penuh persaudaraan dan kekeluargaan, yang telah tercipta dan terbangun selama ini. Mari kita pertahankan itu dan bahkan kita ditingkatkan. Sehingga penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di berbagai sektor dapat terselenggara dengan baik, berhasil guna dan berdaya guna. Ini semua semata-mata hanya untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Minahasa Tenggara yang kita cintai,” ungkapnya.

 Sementara Bupati Mitra James Sumendap dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaannya atas selesainya Pemilihan Legislatif (Pileg) di Mitra dengan baik, sehingga bisa sampai pada momen luar biasa hari ini, yaitu pelantikan pimpinan DPRD. Ia mengapresiasi pihak penyelenggara KPUD Mitra dan jajaran aparat TNI-POLRI yang mengawal lancarnya Pileg di Mitra.

“Luar biasa. Berdasarkan undang-undang nomor 14 tahun tahun 2014 pasal 364, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah merupakan penyelenggara pemerintahan, dengan fungsi-fungsi membuat peraturan daerah atau fungsi legislatif, penganggaran atau dalam rangka penetapan APBD dan fungsi pengawasan. Oleh karenanya penting untuk penetapan pimpinan DPR dan hari ini kita laksanakan,” ujar Bupati JS yang turut didamping Wabup Jesaja Jocke Legi

Bupati 2 periode itu meminta pihak legislatif untuk bekerja bersama dengan baik untuk kesejahteraan rakyat Mitra. “Oleh karena itu saya mengajak kepada seluruh anggota dewan kehormatan, lebih khusus kepada pimpinan untuk bekerjasama demi kemajuan Kabupaten Minahasa Tenggara,” harapnya.

Ia percaya pada kualitas diri individu dan kesolidan para pemimpin legislator Mitra itu, karena sebelumnya telah menjalani tugas serupa pada periode lalu.

”Saya percaya dan yakin bahwa ketiga pimpinan ini telah bersama-sama dan Pak Tonny itu sudah dua periode. Juga Ibu Marty Ole hampir 1 tahun memimpin, ya 6 bulan memimpin sebagai ketua DPRD. Perjalanan ini tiga kekuatan yang luar biasa. Saya berharap ini bisa berjalan dengan baik dalam rangka untuk kepentingan daerah. juga seluruh teman-teman DPRD untuk mendukung kepemimpinan mereka. Dan saya bertanggung jawab penuh terhadap seluruh jajaran saya untuk melaksanakan semua keputusan DPRD yang wajib dilaksanakan,” sebutnya.

Bupati JS mengungkap kegembiraannya atas lengkapnya jajaran pemerintahan di Mitra, sehingga roda pembangunan bisa berjalan lebih kencang lagi bagi peningkatan kemajuan daerah itu.

“Terima kasih kepada Ketua Pengadilan Negeri Tondano yang telah melantik pimpinan DPRD. Atas nama pemerintah dan dan juga rakyat Kabupaten Minahasa Tenggara, menyampaikan selamat atas dilantiknya pimpinan DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara yang definitif. Terima kasih pula kepada Pak ketua DPRD sementara yang telah menunaikan tugasnya,’’ tandasnya.

Turut hadir jajaran lengkap Pemkab Mitra, Forkopimda Mitra, Komisioner KPUD Mitra, seluruh anggota DPRD Mitra Periode 2019-2024 beserta tamu dan undangan. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s