KIM, Untuk Informasi Dini Bencana Alam, Pariwisata Desa Dll

Ratahan – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada Rabu (16/10/2019). Ini dalam rangka percepatan pelayanan informasi di masyarakat.

Kepala Diskominfo Mitra Hersi Tuuk mengatakan kegiatan sosialisasi KIM ini melibatkan seluruh pengurus di 37 desa yang sudah terbentuk di Mitra. Dilakukan untuk mempermudah dalam hal pelayanan informasi.”Pembentukan KIM ini berdasarkan Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Di mana setiap masyarakat peroleh memperoleh hak untuk mendapatkan informasi,” ujarnya

Undang-Undang ini, menurut Tuuk, dibentuk dengan tujuan agar masyarakat dapat memperoleh informasi berkaitan dengan desa setempat, dan selanjutnya informasi di setiap desa juga bisa diketahui oleh Pemkab Mitra.

“Pemerintah daerah akan memerlukan informasi yang paling cepat dari desa itu sendiri di mana mencari informasi yang paling tepat. Misalkan adanya peringatan dini bencana alam, potensi pariwisata, maupun pengenalan produk unggulan di suatu desa. Karena itu sosialisasi ini sangat penting dilakukan dalam upaya untuk pemenuhan informasi masyarakat,” tandas Kadis Tuuk didampingi Kasie Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Diskominfo Mitra Yuni Rondonuwu. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s