Inspektorat Mitra Dorong Dandes Dikelola Non-tunai

Ratahan – Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Inspektorat Mitra) selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), mendorong pembayaran Dana Desa (Dandes) menggunakan transaksi non tunai.

Kepala Inspektorat Mitra David Lalandos mengatakan, hal ini dalam rangka menjaga bantuan itu bebas dari penyalah-gunaan dan sesuai tujuan untuk kepentingan masyarakat banyak. “Kami akan usulkan polanya diubah. Tidak lagi seperti yang sekarang dilaksanakan, tapi melalui transaksi non tunai,” ujarnya di Ratahan belum lama ini.

Ia menjelaskan, jika usulan itu disetujui, pemerintah desa tidak lagi mengambil uang tunai untuk pembayaran kegiatan fisiknya. Melainkan langsung membayar melalui transfer ke rekening pihak penyedia.

“Jadi, kalau ada pembayaran langsung di transfer saja dari rekening kas desa ke pihak penyedia. Tidak lagi harus ke bank melakukan penarikan tunai,” sebutnya.

Menurutnya, sebagaimana Bupati James Sumendap telah menerapkan e-governance dalam penyelenggaraan pemerintahan di SKPD Pemkab Mitra sudah bisa diterapkan transaksi non tunai, maka seharusnya juga dapat diterapkan dalam pengelolaan Dandes. di Ia berharap dengan adanya transaksi non tunai itu dapat menekan penyalahgunaan Dandes yang berujung pada penegakan hukum.

“Jadi ini menjaga agar pengelolaan dana desa tepat sasaran, dan pengelolaannya sesuai dengan harapan masyarakat,” ungkapnya.

Ditambahkan Lalandos, pihaknya akan mengusulkan agar penerapan transaksi dengan non tunai ini dapat dilaksanakan tahun depan. Selain itu akan disediakan aplikasi untuk memudahkan pemerintah desa dalam pengelolaan dana tersebut, dengan pola transaksi non tunai.

“Kami akan menyiapkan aplikasi khusus untuk pengelolaan dana desa dengan transaksi non tunai, agar juga para kepala desa atau bendahara nantinya tidak kerepotan,” tandasnya. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s