Minahasa

Amburadul, Pasar Tondano Kelihatan Kumuh dan Kotor

MINAHASA – Pasar Tondano kini menjadi sorotan warga. Pasalnya, salah satu pasar yang memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kabupaten Minahasa ini, terlihat seperti tempat ‘Kumuh’.

Bahkan menurut warga, penataan pasar tondano saat ini terlihat amburadul dan kotor. Khususnya di komplek pasar ikan. “Ya, pasar tondano sekarang kelihatan seperti tidak terawat lagi sehingga tampak kumuh. Apa lagi di kompleks penjualan ikan,” kata Rolly Siwu, salah satu warga Tondano kepada media ini, Kamis (24/10).

Bahkan menurutnya, pasar yang belum lama di bangun ini telah dikelilingi tenda-tenda pedagang yang dibangun sendiri, sehingga membuat pemandangan tampak amburadul.

IMG-20191024-WA0024

“Seharusnya bukan hanya pedagang di luar saja yang di tertibkan, tapi pedagang di dalam pasar juga ikut ditertibkan, sehingga tidak kelihatan jorok dan kumuh. Sehingga pasar tondano tampak teratur,” usulnya.

Marten Kowaas, warga Tondano, juga mengusulkan bahwa dinas terkait khususnya bidang pasar agar menata kembali para pedagang yang ada di dalam pasar, sehingga tidak kelihatan kotor. “Perlu penataan kembali khususnya yang ada di dalam pasar, sehingga tidak kelihatan kotor dan kumuh,” ujar Kowaas.

Dari pantauan media ini, Kamis kemarin, tampak pasar tondano memang kelihatan tidak teratur. Apa lagi di kompleks dagangan ikan dan diluar bangunan induk yang terlihat seperti kumuh.

Hal itu diakui Kepala Pasar Tondano, Djonly Rori. “Memang betul kelihatan kumuh. Ada sebagian tempat kelihatan seperti kumuh,” ujar Rori Kepada sejumlah wartawan, Kamis (24/10).

Menurutnya, pasar Tondano saat ini masih dalam pembenahan. “Kami akan berusaha tahap demi tahap untuk merubah wajah pasar tondano agar semakin baik, sehingga para pedagang dan pembeli merasa nyaman,” sebutnya.

Christian Tangkere

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s