Bank Sampah Bawa Keuntungan Ekonomis Bagi Warga Mitra

Ratahan – Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar Sosialisasi Bank Sampah. Dalam rangka membangun kesadaran warga untuk mengelola sampah sehingga tidak hanya mengurangi pencemaran lingkungan tapi juga membawa dampak ekonomis.

Kepala DLH Muchtar Wantasen melalui Kabid Persampahan, Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan dari DLH Mitra Dedy Siwi mengatakan, prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam penanganan sampah menjadi kunci sukses memerangi sampah di daerah ini.

“Lewat sosialisasi bank sampah ini, dapat memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk mulai memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah guna membangun lingkungan yang lebih baik sekaligus membangun ekonomi,” ujarnya di sela kegiatan Sosialisasi Bank Sampah, Senin (28/10/19).

Lanjutnya, pendirian bank sampah bertujuan untuk mengurangi sampah yang ada di lingkungan sekitar. Selain untuk menjaga kebersihan, juga berdampak pada terjaganya kesehatan warga.

“Tujuan dari bank sampah adalah untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis,” tambah Siwi.

Ia pun berharap kegiatan sosialisasi yang melibatkan narasumber Joice Manopo, selaku Direktur Bank sampah Induk Kabupaten Jombang, dapat memberikan edukasi dalam upaya untuk memerangi sampah di Kabupaten Mitra. “Sehingga Mitra menjadi daerah yang bebas sampah,” tandasnya. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s