BPJamSos-TK Teken MoU dengan Kejati Sulut, Siap Kawal Perusahaan di Sulut.

MANADO – Perusahaan di Sulawesi Utara (Sulut) yang mengabaikan kewajiban mengikutsertakan pekerjanya dalam Jaminan Sosial Ketenagakerjaan siap-siap berhadapan dengan hukum. Begitu pula dengan perusahaan yang lalai menunggak iuran jaminan sosial bagi para tenaga kerja itu.

Kepala Cabang BPJamSos-TK Manado Hendrayanto mengatakan, pihaknya melakukan upaya pencegahan kelalaian itu dengan bekerja sama Kejaksaan se-Sulut.

“Kami menandatangani nota kesepahaman dengan seluruh Kajari di Sulut sebagai upaya preventif,” kata Hendrayanto usai penandatanganan kerja sama di Swiss Belhotel Maleosan Manado, Selasa (22/10/2019)

Menurutnya, walaupun jumlah perusahaan yang menunggak iuran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Sulut relatif kurang, namun tetap dirasa perlu melakukan upaya pencegahan.

“Upaya kami bagaimana seluruh pekerja bisa dilindungi dan haknya dipenuhi,” ungkapnya

Sementara itu Kajati Sulut M. Andi Iqbal Arief selaku Jaksa Pengacara Negara (JPN) mengatakan pihak kejaksaan bisa memberikan pendapat, pertimbangan maupun bantuan hukum.

“Kita harapkan ada kerja sama dari perusahaan pemberi kerja. Awalnya kita persuasif. Tidak ada pemaksaan,” kata Iqbal.

Namun, lanjutnya, bila upaya pertama tidak diindahkan maka perusahaan harus berurusan dengan hukum. “Ya kita gugat perdata, itu jalurnya,” tegasnya.

Igbal memastikan, pihaknya berupaya untuk memastikan hak negara dikembalikan lewat pembayaran iuran. “Sehingga terjadi keseimbangan dengan pemberian jaminan sosial kepada warga negara, dalam hal ini para pekerja,” tandasnya. (GR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s