Pekan Depan Pilhut di 3 Desa Berlanjut, Warga Diimbau Jaga Kamtibmas

Ratahan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Minahasa Tenggara (Mitra) memastikan tahapan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) di Mitra untuk tiga desa, yang sempat tertunda lantaran hanya ada calon tunggal hukum tua, sudah akan berjalan di pekan depan. Tiga desa itu adalah : Ratatotok Muara, Ranoketang Atas, dan Minanga.

Kepala Dinas Boyke Akay mengatakan, penundaan terjadi karena aturan dalam Juknis Pilhut tidak memperkenankan kalau hanya ada satu saja calon hukum tua atau calon tunggal yang akan melawan kotak kosong. Tahapan Pilhut akan berlanjut, meski belum didetail waktunya.

“Yang pasti minggu depan tahapan Pilhut untuk tiga desa tersebut sudah berjalan, meski untuk tanggal pastinya belum kami tentukan,” ujar Akay, Jumat (1/11/2019).

Lanjutnya, warga masyarakat khususnya yang ada di desa bersangkutan diminta untuk menyukseskan Pilhut. Dengan berpartisipasi aktif serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Demikian pula para pihak penyelenggara dimintanya bekerja dengan baik dan bertanggung jawab.

“Kami mengimbau masyarakat untuk dapat menjaga keamanan bersama. Begitu juga kepada panitia dan pengawas untuk bekerja secara profesional,” tandasnya.

Diketahui dari 100 desa di Mitra yang menyelenggarakan Pilhut, 97 desa di antaranya telah selesai. Ditandai dengan dilantiknya 97 pejabat Hukum Tua pada 14 Oktober lalu oleh Bupati Mitra James Sumendap. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s