Ketua DPRD Minahasa: KUA PPAS Harus Perhatikan Kebutuhan Masyarakat

Tondano – Setelah menerima usulan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Pemkab Minahasa 2020, DPRD selanjutnya membahas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), Senin (4/11).

Untuk menentukan APBD Pemkab Minahasa 2020 mendatang akan dilihat dari seberapa besar urgensi usulan anggaran yang disampaikan eksekutif kepada legislatif. Karena rencana pembangunan harus memperhatikan berbagai faktor.

Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Galady Kandouw kepada wartawan Sulutnewstv.com menjelaskan, dalam pembahasan KUA PPAS ini akan terlihat seberapa besar urgensinya usulan anggaran yang disampaikan eksekutif kepada legislatif. Karena rencana pembangunan harus memperhatikan berbagai faktor.

20191104_181022

“Konstruksi penyusunan anggaran harus sesuai dengan aturan yang ada. Namun, kebijakan umum anggaran harus memperhatikan berbagai faktor terutama kebutuhan masyarakat,” katanya.

Kandouw memaparkan, setelah penyampaian usulan anggaran dari pemerintah, DPRD selanjutnya akan membahasnya melalui badan anggaran (Banggar). Pembahasan APBD 2020 ini mulai dilakukan dengan target hari ini selesai.

“Pada prinsipnya penyusunan anggaran harus transparan dan akuntabel dan pembangunan harus pro rakyat. Maka disinilah pentingnya peran DPRD untuk membahas KUA PPAS agar sesuai kebutuhan masyarakat,” papar Kandouw.

Menurutnya, pembangunan di Kabupaten Minahasa tentu tidak akan sama dengan pembangunan di perkotaan. Sebab, kata Kandouw, Kabupaten Minahasa masih membutuhkan pembangunan infrastruktur. Pasalnya, infrastruktur yang ada saat ini perlu ditingkatkan.

“Disinilah pentingnya pembahasan priortaas plafon anggaran sementara (PPAS) untuk menentukan arah pembangunan satu tahun kedepan. Seberapa besar prioritas anggaran yang diusulkan akan kita godok sebelum ditetapkan menjadi raperda APBD sebagai payung hukum penggunaan anggaran,” tegasnya. ( Christian Tangkere )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s