Pertama di Indonesia, Minahasa Tenggara Terapkan Reforma Agraria

Ratahan – Ratusan sertifikat tanah diserahkan Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (Atr/Bpn) Sulawesi Utara yang akan dikeluarkan oleh kantor Atr/Bpn Minahasa Tenggara (Mitra), dimana ditargetkan 1000 sertifikat.

Penyerahan sudah dilakukan secara simbolis kepada 15 orang penerima sertifikat di desa Mangkit Kecamatan Belang Senin, (4/11/2019).

Kakanwil Atr/Bpn Sulut Fredy A Kolintama ST MSI, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini dalam rangkaian peringatan 1 tahun keberhasilan reforma agraria yang merupakan satu-satunya di Indonesia.

“Keberhasilan reforma agraria di desa Mangkit yang adalah satu-satunya di Indonesia berada di Sulawesi Utara, tidak terlepas dari dukungan Bapak Gubernur Olly dondokambey dan Bapak Bupati Mitra James Sumendap,” ungkap Kolintama.

Wabup Mitra J Jocke O Legi dan Kapolres Mitra AKBP Robby Rahardian bersama Kakanwil Atr/Bpn Sulut Fredy Kolintama dan para pejabat Mitra lainnya berfoto usai penyerahan sertifikat.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Kantor Atr/Bpn Mitra Sylvana Ellen. Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 86 tahun 2018 tentang reforma agraria, jelasnya, Kabupaten Mitra menjadi yang pertama sejak disahkan pada 24 September 2018 dan menjadi undang-undang pada 27 September 2019.

“29 Oktober 2018 Atr/Bpn Minahasa Tenggara menjadi yang pertama di Indonesia dalam hal pelaksanaan Perpres nomor 86 tahun 2018,” kata Sylvana.

Sylvana menambahkan, pihaknya kembali akan menyerahkan 549 sertifikat retribusi Tahun Anggaran 2019 untuk desa Mangkit, dan sisanya tersebar untuk desa Tumbak, Tumbak Madani, dan Tatengesan.

“Mangkit total 550 sertifikat namun satu sertifikat sudah kami serahkan secara simbolis pada 24 september 2019 bertepatan dengan hari ulang tahun undang-undang pokok agraria,” sebutnya.

Sementara itu, Hukum Tua Desa Mangkit Simon Aling menyampaikan terima kasih kepada Bupati Mitra, Kakan BPN Mitra juga Kanwil Sulut serta seluruh masyarakat Mangkit.

“Saya sangat bersyukur kepada Tuhan atas berkat terindah dan berharga ini. Diharapkan masyarakat dapat menggunakan sertifikat dan tanah pemberian ini dengan baik dan kiranya boleh meningkat penghasilan dan perekonomian hidup masyarakat,” tandas Aling.

Turut hadir, pejabat teras kantor Atr/Bpn wilayah Sulawesi Utara dan Minahasa Tenggara, Wakil Bupati Minahasa Tenggara Jesaja Jocke Legi, Asisten 1 Jani Rolos, Kapolres Minahasa Tenggara AKBP Robby Rahardian dan pejabat forkopimda Mitra lainnya. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s