Bupati Mitra Ajak Warga Jadi Pahlawan Masa Kini

Ratahan — Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-74, di halaman Kantor Bupati Mitra, Ratahan pada Senin (11/11/2019). Bupati Mitra James Sumendap (JS) bertindak sebagai inspektur upacara pada iven nasional yang di tahun 2019 ini mengambil tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, dengan diikuti seluruh ASN Pemkab Mitra.

Bupati JS saat membacakan amanat Menteri Sosial RI Juliari Batubara mengatakan, bahwa setiap Hari Pahlawan 10 November, bangsa Indonesia memperingati momen bersejarah. Pada tanggal itu di tahun 1945 silam di Surabaya terjadi peperangan merebut kemerdekaan dipimpin Jendral Soedirman. Tentara Rakyat Indonesia membuktikan kekuatannya sehingga diakui dunia internasional dengan mengalahkan dan mengusir bangsa penjajah dari Tanah Air tercinta.

“Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia,” ujar Bupati JS bersemangat.

Lanjutnya, warga di Mitra diajak untuk menjadi pahlawan di masa kini. Menurutnya, siapapun dapat menjadi pahlawan bangsa dengan melakukan tindak nyata dalam hidup sehari-hari, yang memperkuat keutuhan NKRI.

“Tindakan seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum. Tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis dan sebagainnya, merupakan tindakan pahlawan masa kini,” ajak Sumendap yang digadang-gadang maju sebagai calon kuat di Pilwako Manado pada 2020 mendatang.

Selain itu warga Mitra diminta dapat lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

“Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Father kita Bung Karno yang menyatakan bahwa, hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” sebut Bupati Mitra periode kedua itu.

Tak lupa Bupati JS mengajak seluruh komponen dan lapisan masyarakat untuk melakukan hal-hal positive bagi negeri. “Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju,” tandasnya.

Turut hadir Wakil Bupati J Jocke O Legi beserta pimpinan Forkopimda Kabupaten Mitra lainnya. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s