Pilhut 3 Desa Berlanjut, 8 Balon Kumtua Ikut UK

Ratahan – Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) untuk tiga desa mulai bergulir setelah tertunda sekian lama. Sebanyak 8 orang bakal calon (Balon) Kumtua mengikuti Uji Kompetensi (UK) di ruang kantor Asisten 1 Setdakab Mitra pada Rabu (13/11/2019).

Asisten 1 Mitra Jani Rolos mengatakan, UK ini menghadirkan tim penguji yang terdiri dari dua orang dosen dari Universitas Negeri Sam Ratulangi (Unsrat) dan Universitas Negeri Manado (Unima) Tondano.

“Kami hadirkan tim penguji dari Unsrat Prof Dr Setly Tamod dan dari Unima Dr Tonny Pandaleke. Saat ini ada 8 bakal calon hukum tua di tiga desa yang ikut uji kompetensi,” ungkap Jani Rolos, didampingi Kepala Dinas PMD Boyke Akay.

Lanjutnya, Balon Kumtus dari 3 desa sebenarnya berjumlah 9 orang. Dengan rincian Ranoketang Atas 2 orang, Ratatotok Muara 3 orang dan Minanga 4 orang. Namun pada hari H UK digelar 1 orang Balon atas nama Sriwahyuni Manggo dari Desa Ratatotok Muara tidak hadir sehingga dengan sendirinya dinyatakan gugur.

Tambah Jani, 3 desa masing-masing sebelumnya sudah memiliki 1 orang Balon yang merupakan incumbent Kumtua, yang sudah lolos UK. Pilhut tidak bisa berlanjut karena Juknis Pilhut mengatur tidak bisa sistem KoKo (Kotak Kosong) atau hanya ada calon tunggal Kumtua.

“Jadi mereka yang ikut uji kompetensi ini adalah yang sudah lulus administrasi. Sesuai Juknis, uji kompetensi ini syarat untuk ditetapkan menjadi calon hukum tua,” jelasnya.

Ia menegaskan, hasil UK ini murni sesuai kemampuan para Balon Kumtua.

“Jadi, kami Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, panitia dan pengawas Pilhut, tidak ikut campur dalam uji kompetensi ini. Itu wewenang tim penguji dan hasilnya nanti diumumkan besok (Hari ini, red). Dan ini murni sesuai kemampuan bakal calon,” tandasnya.

Jalannya UK ini turut dipantau oleh Ketua Komisi I DPRD Mitra Artly Kountur. Adapun 8 balon kumtua yang ikut UK adalah sbb; Ranoketang Atas: Rudi Umboh dan James Elias Legi, Minanga: Jackson Pai, Jameston Lontaan, Ridno Punusingon dan Yuliati Komansilan, Ratatotok Muara: Nilana Katili dan Jusman Patamat. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s