Kinerja IJK Sulut Tumbuh Positif, Slamet : Catat Dua Digit Dari Tahun Sebelumnya

MANADO – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulutgomalut Slamet Wibowo menyampaikan pertumbuhan inklusi keuangan tahun 2019 tercatat naik dua digit dari tahun sebelumnya. Hal ini tentu didukung oleh kinerja Industri Jasa Keuangan yang tumbuh positif dibandingkan tahun lalu.

Disebutkannya, hingga Oktober 2019 aset bank umum tumbuh 14 persen, kredit dan Dana Pihak Ketiga (DPK) bank umum tumbuh masing-masing 16 persen dan 9 persen. Begitu pula untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR), total asset 18 BPR di Sulut tumbuh 20 persen. Kredit tumbuh 22 persen dan DPK 14 persen. Sementara, untuk perusahaan pembiayaan, tumbuh sekitar 10 persen dibanding tahun lalu. Pasar modal juga menunjukkan kinerja yang baik. Dimana jumlah transaksi saham naik 103 persen.

Foto : Gabriella/SNTV

“Ini cukup besar angkanya. Diimbangi dengan kepemilikan saham yang mencapai 33 persen. Untuk Perusahaan pembiayaan juga tumbuh 10 persen. Dan ini tentu adanya pertumbuhan kinerja IJK menunjukkan tingkat literasi dan inklusi keuangan di Sulut cukup baik,”kata Slamet Wibowo saat membuka event Industri Jasa Keuangan EXPO2019 di Atrium Mantos 3, Jumat(15/11).

Masyarakat paham apa itu IJK, produk dan layanannya serta bisa mengaksesnya. Di sisi lain, pertumbuhan mendorong ekonomi lokal. Ini pengaruhnya juga karena saat ini telah masuk era digital di mana perkembangan begitu pesat.

“Nah, IJK dituntut menyesuaikan dalam memberikan pelayanan. Kami berharap pelaku IJK berinovasi sehingga bisa memberi edukasi kepada masyarakat. Dengan masyarakat mengenal lebih baik, mereka bisa terhindar dari tawaran dan investasi tak benar,” kuncinya.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s