Pemkab Mitra Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrim

Ratahan – Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap melalui Wabup Jesaja Jocke O Legi meniimbau warga agar waspada terhadap cuaca esktrim saat ini. Musim hujan disertai terpaan angin kencang biasa terjadi mulai Bulan September, November terutama di Desember ini.

“Sebaiknya, masyarakat untuk selalu waspada terhadap musim penghujan ini. Mengingat, di musim seperti sering terjadi bencana longsor atau banjir,” ujar Wabup, Minggu (1/12) kemarin.

Lanjutnya, ancaman bencana sering kali terjadi bagi masyarakat, khususnya yang berdomisili di daerah dengan struktur tanah labil atau berada di kemiringan. Warga diharapkan waspada saat hujan turun.

“Hal ini perlu disampaikan kepada masyarakat agar mereka lebih waspada dalam situasinya. Insensitas hujan yang cukup besar angin yang begitu kencang. Bagi masyarakat yang berada di kemiringan dan di pesisir pantai agar lebih waspada terhadap cuaca ini” tuturnya.

Wabup berharap sinergitas antara Pemerintah Desa/Kelurahan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dapat selalu terjalin di waktu-waktu ini. Penanggulangan bencana dengan cepat, menurutnya, akan sangat membantu pemerintah dalam mengontrol kondisi rakyat serta dampak bencana bisa diminimalisir.

“Mari kita sama-sama saling berkordinasi positif dengan pemerintah setempat, RT, kepala lingkungan, Hukum Tua, Lurah dan Camat bahkan Pemerintah itu sendiri. Sebagai tindakan awal atau deteksi dini jika terjadi bencana di suatu daerah,” tandasnya. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s