Bisa Raup Untung Milyaran Rupiah, Kountur Minta Pemkab Seriusi BUMDes

Ratahan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa Tenggara (Mitra) mendorong, agar pihak eksekutif lebih menaruh perhatian pada pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di tahun 2020 depan.

Ketua Komisi A DPRD Mitra Artly Kountur yang salah satunya membidangi urusan pemerintahan mengatakan, keberadaan BUMDes yang bersentuhan langsung dengan masyarakat akar rumput ini geliatnya dapat menggerakkan perekonomian masyarakat desa secara langsung.

“Adanya BUMDes bisa berdampak menggerakkan ekonomi kerakyatan di desa. Asalkan mereka diberikan perhatian lebih untuk mengembangkan usaha. Perlu diberdayakan lagi di tahun 2020,” ujar Kountur.

Ia berharap inovasi dan kreatifitas dalam pengembangan BUMDes dapat terjadi sehingga membawa keuntungan bagi masyarakat desa secara keseluruhan. Program pengembangan usaha milik desa itu tak kalah nilai vitalnya dengan program pembangunan fisik di desa. Bahkan BUMDes yang berhasil berkembang dapat memberi konstribusi pada pembangunan fisik di desa bersangkutan.

“Perhatikan dari pihak eksekutif untuk mendorong BUMDes akan sangat penting. Sama pentingnya dalam mengembangkan pembangunan fisik di desa,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan kepada pemerintah desa, dan pengelola BUMDes agar jeli melihat peluang usaha, dengan melibatkan seluruh masyarakat.

“Jika ada peluang usaha maka manfaatkan itu dengan baik. Sebagai contoh ada di daerah lain, BUMDes bisa mendapatkan laba sampai miliaran rupiah, saya harap di Minahasa Tenggara bisa ada seperti itu,” kunci legislator asal PDIP itu. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s