Minahasa Tenggara

Buka Penyuluhan, Sekda Ngongoloy : Pemetaan Situs Arkeologi Penting Bagi Pariwisata Mitra

Ratahan – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Sekda Mitra Drs Robby Ngongoloy ME MSi membuka kegiatan Penyuluhan Potensi Arkeologi dan Manfaatnya Bagi Masyarakat di Kabupaten Mitra. Acara digelar di aula Rest Area, Gunung Potong pada Selasa hari ini (3/12/2019).

Dalam sambutannya Sekda Ngongoloy mengatakan, betapa pentingnya pemetaan situs bersejarah di Mitra sehingga bisa bermanfaat sebagai spot pariwisata sekaligus dilindungi kelestariannya. Ia meminta tim yang berisi para tokoh adat di masing-masing kecamatan dapat memetakan potensi arkeologi di Mitra.

“Para tokoh adat membentuk tim terpadu yang ada di masing-masing di 12 kecamatan untuk mencari objek yang belum terinventarisir. Baik itu objek wisata alam, maupun wisata buatan dan wisata budaya.” ujarnya turut didampingi Kepala Balai Arkeologi Sulawesi Utara Wuri Handoko.

“Arkeologi berkaitan dengan sejarah-sejarah dahulu terbentuknya daerah ini. Situs arkeologi sebenarnya banyak, namun belum tertata dengan baik. Termasuk potensi-potensi pariwisata,” sebutnya.

Dinas Pariwisata Mitra pun diminta untuk lebih bersiap dengan program-programnya, karena sektor pariwisata akan menjadi prioritas utama Pemkab di Tahun Anggara 2020 depan. Selain juga Mitra mulai dilirik wisatawan mancanegara.

“Sekarang sudah banyak dari negara asing datang ke Mitra. Dari Belanda, Inggris, Jerman ada di seputaran Posumaen sana. Menandakan minat dari mancanegara untuk Minahasa Tenggara, berpeluang besar. Anggaran 2020 menjadi prioritas utama,” ungkap Sekda.

Sekda juga meminta Dispar Mitra untuk membuat profil lengkap mengenai sejarah spot destinasi pariwisata dan dipampang di Rest Area kawasan gerbang selamat datang Mitra. Sehingga para pengunjung dari luar daerah dapat melihat profil itu sebelum memulai perjalanan wisata mengeksplorasi Tanah Patokan Esa.

“Setiap objek wisata disusun sejarah dan informasi berkaitan lainnya, sehingga bisa dipajang dalam tampilan profil. Tempat ini nanti sebagai show window, orang bisa lihat dulu informasi kemudian jalan,” tandasnya. (VictoryTB)

Categories: Minahasa Tenggara

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s