Gelontorkan Rp 1,5 Milyar, BUMDes Ratatotok Siap Genjot Pariwisata 2020

Ratahan – Pemerintah Kecamatan Ratatotok menaruh perhatian serius bagi pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dengan mengalokasikan dana sebesar Rp 1,5 milyar dibagi ke 15 desa. Pengembangan BUMDes nantinya akan bertalian dengan pengembangan wisata di Pantai Lakban, salah satu spot unggulan pariwisata di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Kepala Kecamatan Ratatotok Noortje Wullur mengatakan, di tahun 2020 depan setiap BUMDes akan mengelola dana Rp 100 juta rupiah. Perihal teknis pengembangan usaha itu juga telah dibahas secara bersama para Hukum Tua dan staf Pemerintah Desa lainnya.

“Ini program tahun 2020, BUMDes bersama. Masing-masing desa Rp 100 juta. Teknis pengembangan BUMDes sudah dibicarakan pada Bimtek di Jakarta kemarin. Perihal bagaimana nanti masyarakat akan terlibat berjualan di daerah tujuan wisata di Ratatotok. Akan ada perahu-perahu kecil yang berjualan, jadi seperti pasar terapung, sampai masyarakat juga jadi ‘guide’ atau pemandu wisata. Merekrut tenaga kerja dari kalangan warga sendiri,” ujarnya saat dijumpai Rabu kemarin (4/12/2019) di Kalait Kec. Touluaan Selatan.

Lanjut Wullur, tujuan pengembangan BUMDes kembali kepada peningkatan kesejahteraan warga Ratatotok.

“Menjadi kesempatan bagi Pemerintah Desa untuk mengembangkan potensi ekonomi di desa masing-masing. Dengan BUMDes yang berkembang, dengan sendirinya menyejahterakan masyarakat. Meningkatkan ekonomi warga, menjadi PAD untuk Mitra,” jelasnya.

Selain itu, PemDes Ratatotok Timur juga mendapat bantuan dari Bansos Presiden untuk pengembangan wisata di pantai setempat.

“Bansos Kepresidenan untuk (Desa) Rata Timur. Sudah ada arsitek yang didatangkan dari Jawa tanpa biaya, untuk men-design pantai jadi bagus. Waktu Rakor kemarin, staf PemDes melaporkan juga sejumlah bantuan dana telah ditransfer masuk ke rekening PemDes Hukum Tua Ratatotok Timur. Bantuan untuk pengembangan wisata di daerah itu,” tandasnya. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s