Sulut

H-1, IAKN Manado Gelar ICC-IRS

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Iven International Conference on Christian and Inter Religiuos Studies (ICC-IRS) 2019 bakal digelar di Sulawesi Utara. Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado mendapat kesempatan menjadi tuan rumah kegiatan yang menghadirkan ratusan dosen dan peneliti dari Indonesia dan mancanegara itu.

Hal ini tentu tidak dilewatkan oleh IAKN dan langsung disambut baik oleh pihak rektorat. Ditemui Sulutnewstv.com di kampus IAKN Manado Rektor Dr Jeane M Tulung S.Th M.Pd menuturkan salah satu alasan terpilihnya IAKN Manado adalah sikap toleransi masyarakat Sulawesi Utara yang sudah ‘mendunia’. Alasan lain yaitu karena posisi Sulawesi Utara berada di tengah-tengah di antara tiga IAKN yang ada di Indonesia.

“Ada 7 perguruan tinggi kristen negeri di bawah naungan Dirjen Binmas Kristen. Namun baru tiga yang jadi institut, yakni di Ambon, Manado, dan Tarutung,” kata Jeane,Senin(9/12).

Menurutnya pula, Sulut menjadi salah satu daerah yang kondusif, warganya ramah, dan juga lancarnya transportasi dari Sulut serta menuju Sulut.

“Peserta konferensi ICC-IRS ini nantinya tidak hanya diikuti oleh perguruan tinggi kristen saja, namun diikuti juga oleh perguruan tinggi lintas agama, baik itu negeri, umum, dan swasta yang ada di Indonesia maupun luar negeri,” tuturnya.

Kegiatan ini, katanya sebagai pesta keilmuan dosen dan peneliti. Karena itu ia berharap ada saling tukar informasi di antara peserta.

“Saya mengharapkan peserta menciptakan kondisi saling tukar temuan atau penelitian, dan mampu juga memberikan jawaban dari beberapa persoalan yang selama ini ditemui di tengah masyarakat secara universal,” jelasnya.

Diketahui, iven yang berlangsung mulai 11 Desember hingga 14 Desember 2019 ini bakal menghadirkan 3 pembicara utama yaitu Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Dirjen Binmas Kristen Thomas Pentury.

“Konferensi ini juga mengundang 14 pembicara dari Korea Selatan, Belanda, Belgia, Amerika Serikat, Arab Saudi, Filipina, dan Indonesia. Mereka semua berkompeten di bidangnya,” sebutnya.

Dia juga mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pada kegiatan yang secara tak langsung mempromosikan nama Sulawesi Utara di tingkat dunia.(gabby)

Categories: Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s