Bimtek e Planning, 2020 Aplikasi Simda Integrated Pemkab Minahasa akan Terintegrasi dengan SIPD Kemendagri

Tondano – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Badan Perencanaan pembangunan penelitian dan pengembangan daerah (Bapelitbangda) menggelar Bimbingan Teknis E-Planning dan Coaching Clinic RPJMD, Renstra dan Renja Perangkat Daerah Kabupaten Minahasa, dilaksanakan di Aula Kantor Bapelitbangda, Senin (16/12/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka Kepala Bappelitbangda Philips Siwi, SE dan dihadiri dari BPKP Sulut Yoanes Tukijan, Hendricus Bayu Hendrawan dan Harkito Okky sinaga sebagai nara sumber, Seluruh Kepala OPD, Camat dan Operator.

20191218_072311

Kepala Bappelitbangda Philips Siwi, SE didampingi Kabid Statistik Edwin Muntu, menyampaikan kegiatan ini sesuai Permendagri No 86 Tahun 2017, menegaskan perencanaan pembanbunan daerah harus berbasis e planning. Hal itu artinya RPJPN dan RPJNN, RPJP dan RPJMD Provinsi serta RPJPD dan RPJMD Kabupaten Minahasa harus sinkron dan selaras menuju tercapainya tujuan pembangunan nasional.

“Hal tersebut juga berlaku terhadap RENSTRA dan RENJA perangkat daerah dengan kata lain pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dan bagian integral pembangunan Nasional karena selain ditujukan untuk memenuhi prioritas dari visi dan misi kepala daerah pembangunan daerah juga harus berkontribusi pada capaian tujuan pembangunan nasional,” jelasnya

Siwi menambahkan, Penerapan e-planning diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak, baik masyarakat dan semua stakeholder terhadap akses informasi sebagai acuan untuk berpartisipasi dan melakukan pengawasan, e-planning ini juga nantinya dapat membantu terbangunnya sikap positif para stakeholder dan terhindarnya dari sikap apriori terhadap program-program pembangunan didaerah akibat keterbatasan informasi.

PhotoGrid_1576625066522

Pemerintah Kabupaten Minahasa akan mulai melakukan penginputan dokumen perencanaan pembangunan meliputi RPJMD dan RKPD, RENSTRA dan RENJA akan menjdi momentum yang baik untuk memperbaiki permasalahan perencanaan pembangunan daerah.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini beliau menegaskan bahwa OPD perlu meningkatkan kemampuan aparatur khususnya Perencanaan melalui bimbingan teknis penggunaan aplikasi e-planning yang diadakan sekarang ini,” tambah Siwi

Diharapkan melalui Bimtek ini, Kabupaten Minahasa telah dan akan terus berpartisipasi terhadap program nasional menuju tercapainya masyarakat sejahtera, sebagai cita-cita nasional.

“Harapannya Aplikasi simda integrated Tahun depan 2020 bisa terintegrasi dengan sistem informasi pemerintah pusat dalam hal ini sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) Kemendagri,” tegasnya.

(Christian Tangkere)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s