[VIDEO] Pelestarian Danau Tondano, Tahun 2020 Eceng Gondok Tuntas

 

Tondano – Kabupaten Minahasa adalah daerah dengan kekayaan dan keindahan alam luar biasa, salah satunya adalah danau Tondano. Danau yang berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 4.278 hektar merupakan danau terluas di Provinsi Sulawesi Utara.

Selain sebagai sumber air bersih, danau Tondano juga dimanfaatkan sebagai sumber air baku industri, sarana transportasi air, energi, irigasi, pariwisata, serta sumber protein dari usaha perikanan.

Komitmen Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Robby Dondokambey, SSi untuk menyelamatkan Danau Tondano sangat besar, ini dibuktikan dengan dilakukannya Pencanangan penyelematan danau tondano dengan Pengangkatan Eceng Gondok dengan tema Lume’os in Lour Toudano yang digelar di pinggir danau Tondano di Kelurahan Tounsaru kecamatan Tondano Selatan, Senin 6 Januari 2020.

Komitmen tersebut didukung sepenuhnya oleh semua elemen masyarakat bersama Forkopimda, bahkan tokoh lintas agama termasuk berbagai denominasi gereja.

Dengan dukungan APBN serta APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Minahasa serta kegiatan padat karya dengan total anggaran hampir Rp. 50 miliar baik untuk fisik dan peralatan dan mengerahkan semua potensi sumber daya manusia termasuk nantinya personil yang akan ikut dalam pelaksanaan Latsitarda, penyelamatan Danau Tondano dilakukan untuk kehidupan generasi mendatang.

Apalagi Danau Tondano merupakan sumber hajat hidup masyarakat Sulawesi Utara, sebab selain sebagai sumber air, danau ini juga menyuplai sumber pemutar turbin untuk memasok listrik 38 KVA untuk Sulawesi utara.

Bupati Minahasa, Royke Roring yang didampingi Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey, yang juga didampingi Penjabat Sekda, Ir. Ronald Sorongan, MSi. usai apel mengatakan, pada Tahun 1934, kedalaman Danau Tondano mencapai 40 meter sementara Tahun 1996 tinggal sekitar 15 meter. Dengan demikian jika tidak dilakukan penyelamatan maka bisa saja 30 tahun mendatang danau ini akan punah.

Oleh karena itu Bupati menekankan bahwa komitmen pemkab minahasa tahun 2020 adalah pelestarian danau tondano dengan melakukan pengangkatan eceng gondok.

Selain pencanangan Pengangkatan Eceng Gondok itu juga dirangkaikan dengan pencanangan BPJS Ketenagakerjaan melalui program ASN Care dan bagi sopir, tukang ojek dan tukang tibo.
Ada juga penyerahan 2 unit mobil pemadam kebakaran, 6 unit mobil ambulans, 6 unit motor kapal ikan.

Apel dan pencanangan tersebut dihadiri Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulut, Ir. Marly Gumalag, Forkopimda, FKUB, jajaran Pemkab Minahasa, ASN dan Organisasi LSM di Minahasa.

[ Christian Tangkere ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s