Dukung Program OD – SK Dan ROR- RD, Tamengkel Rutin Awasi Pembersihan Eceng Gondok

Minahasa – Penanganan gulma eceng gondok di danau tondano kabupaten minahasa terus di seriusi oleh Pemprov Sulut melalui Dinas PUPR Provinsi Sulut.

Kamis, (16/1/20) kemarin, tampak
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sulut Adolf Harry Tamengkel turun langsung memantau kegiatan di lapangan guna memastikan agar pekerjaan tersebut terus berjalan agar danau tondano tahun 2020 ini bebas dari ancaman eceng gondok.
Dijelaskakan Tamengkel bahwa tahun ini pihaknya sangat serius untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, dalam penanganan masalah Eceng Gondok di Danau Tondano, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven O E Kandouw, terjunkan lima unit Ekscavator dan tiga unit Kapal khusus pengangkut Eceng Gondok.
“Selain topangan anggaran, Pemprov Sulut juga mendatangkan 8 unit alat berat untuk membantu mengangkat Eceng Gondok di Danau Tondano. Delapan alat berat tersebut yaitu lima ekscavator dan tiga kapal khusus pengangkat eceng gondok,” sebutnya.

Dirinya optimis, dengan ketambahan bantuan kedelapan alat berat ini, Eceng Gondok di Danau Tondano yang kian meresahkan ini akan tuntas tahun ini.

“Kita optimis, tahun ini Eceng Gondok di Danau Tondano bersih,” tandasnya.

Meski kewenangan penanganan Danau ada pada Balai Sungai Wilayah I Sulut, menurut Tamengkel, sinergitas tetap dibutuhkan dalam menangani Eceng Gondok ini.

“Kita tidak akan berhenti. Kita akan terus melakukan usaha agar Eceng Gondok ini tidak tumbuh lagi, sehingga Danau Tondano benar-benar bersih dan lestari,” pungkasnya.
Dia juga mengucapkan banyak terimakasih dan memberikan apresiasi atas dukungan dari pemkab minahasa melalui Bupati Minahasa Royke Roring dan Waki Bupati Minahasa Robby Dondokambey yang sangat mendukung langkah Pemprov Sulut melalui PUPR untuk membantu pemkab minahasa menyelamatkan danau tondano dari gulma eceng gondok. (Christian Tangkare)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s